Sukses

5 Pilihan Makanan Sehat Berbujet Minim Saat Liburan

Berlibur identik dengan makan sembarangan. Tapi, sebetulnya Anda bisa menjaga kesehatan dengan tetap mengonsumsi makanan sehat berbujet minim berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Berlibur merupakan hal paling dibutuhkan guna menyegarkan pikiran dan terlepas dari penat. Biasanya, di saat berlibur banyak biaya yang harus kita keluarkan. Untuk moda transportasi, penginapan, biaya rekreasi, dan juga makanan.

Biaya makan tidak terasa karena saat berlibur hati terlalu senang, yang membuat kita tidak peduli terhadap makanan yang dipesan untuk disantap. Kita baru tersadar sampai bujet dimiliki sudah minim.

Seperti yang dikutip dari Value Penguin, rata-rata orang (dalam hal ini yang menjadi responden adalah penduduk Amerika) menghabiskan USD 33 (Rp477 ribu) untuk makan sehari-hari, yang biasanya dihabiskan untuk makan di restoran.

Pertanyaannya, sehatkah menu yang kita pilih itu? Sebenarnya, kita bisa mencari makanan sehat sesuai bujet yang dimiliki saat berlibur selain masak sendiri.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menu Makanan Sehat Saat Berlibur

Berikut menu-menu makanan sehat dengan bujet yang minim seperti dikutip dari situs Money Smart pada Sabtu, 22 Desember 2018. 

1. Telur

Telur tinggi protein dan mineral. Telur sangat cocok disajikan untuk menu sarapan. Anda sebaiknya mengombinasikan telur dengan sayur, dan jangan lupa buah.

2. Tempe

Kelebihan protein dari tempe memang tidak diragukan lagi. Artikel Time menunjukkan bahwa tempe dapat menggantikan daging untuk para vegetarian. Banyak variasi yang didapatkan saat mengolah tempe, seperti digoreng, dijadikan tumisan, dan rebusan.

3. Tahu

Walaupun kandungan protein dan nutrisi lebih banyak terdapat di tempe, tapi mineral yang terkandung di dalam tahu juga baik bagi tubuh. Sebab, tempe dan tahu sama-sama mengandung senyawa isoplavone. Senyawa isoplavone adalah salah satu golongan senyawa metabolit sekunder yang banyak terdapat pada tumbuh-tumbuhan.

4. Almond

Kandungan gizi yang terdapat di kacang Almond tak kalah tinggi dari sumber protein yang lain. Almond dapat dikonsumsi langsung, dipanggang, atau disangrai. Apabila tidak suka menyantapnya langsung Anda dapat mengolahnya menjadi susu almond.

5. Pisang

Buah pisang memberikan banyak manfaat untuk tubuh, seperti untuk kesehatan jantung, menurunkan kadar stress, menurunkan berat badan, serta meningkatkan pengelihatan.

Pisang dapat Anda konsumsi dengan menyantap langsung atau diolah menjadi jus dan dapat dikonsumsi kapan saja, seperti sebelum waktu makan. 

 

Penulis: Annisa Rizky

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini