Sukses

Manfaat Dahsyat Membaca Buku di Malam Hari untuk Otak

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tahu manfaat membaca buku. Namun, di era teknologi digital seperti saat ini, rasanya anak-anak juga bahkan lebih senang baca buku melalui gawai.

Sebelum Anda mengecek gawai untuk memperbarui status di media sosial, tak ada salahnya memilih untuk membaca buku saja.

- Mudah mengingat sesuatu

Seperti dilansir Step to Health, Senin (10/12/2018) membaca buku di malam hari bisa meningkatkan ingatan. Mengapa demikian? Saat Anda beristirahat dan tidur, semua energi difokuskan pada otak. Jadi jika Anda membaca buku sebelum tidur, maka Anda akan mengingat jauh lebih baik. Plus, orang juga cenderung lebih konsentrasi pada malam hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Melatih otak

 

Manfaat lain dari membaca di malam hari, membuat otak olahraga. Sama seperti aktivitas fisik untuk memiliki tubuh yang lebih sehat dan fleksibel, Anda juga dapat melatih otak untuk memiliki memori yang lebih baik dan waktu mengingat lebih cepat.

Ingat bahwa otak akan banyak berpikir saat membaca, sehingga bisa meningkatkan imajinasi dan membuat Anda lebih kreatif juga.

- Membantu mencegah penyakit

Membaca bisa mengurangi risiko demensia, menurunnya fungsi otak yang menyebabkan gangguan ingatan. Kondisi ini bukan hanya menyerang usia tua tapi juga bisa terjadi di usia produktif. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS