Sukses

17 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Pria dan Wanita, Tak Cuma Menyegarkan

Liputan6.com, Jakarta Nanas memiliki perpaduan antara rasa asam dan manis yang menyegarkan. Buah berwarna kuning ini seringkali diolah menjadi minuman. Tidak hanya rasanya yang menyegarkan, nanas ternyata memiliki kandungan gizi dan kaya akan vitamin.

Di balik kulitnya yang sedikit tajam, nanas mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja optimal. Berkat kandungannya, manfaat nanas untuk kesehatan manusia cukup banyak.

Nanas merupakan buah penghasil antioksidan. Vitamin A dan C dari nanas merupakan sumber antioksidan. Kandungan nutrisi lainnya pada nanas diantaranya adalah fosfor, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, mangan, thiamin, serat, natrium, dan gula buah (sukrosa). Selain itu nanas sangat rendah kalori. Satu buah nanas segar hanya mengandung 82 kalori.

Manfaat nanas untuk kesehatan manusia sangat banyak. Nanas dapat meningkatkan kemampuan penyembuhan yang lebih baik, serta meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Penelitian ilmiah telah menemukan bahwa nanas bagus untuk penyembuhan dan bersifat anti-inflamasi selama bertahun-tahun.

Itulah sebabnya buah nanas sangat baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Penasaran apa saja manfaat nanas untuk kesehatan? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/11/2018) manfaat nanas untuk kesehatan pria dan wanita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Meningkatkan gula darah

Bagi kamu yang memiliki keluhan kadar gula rendah, nanas adalah salah satu buah yang bisa mengatasi keluhan kamu. Manfaat nanas untuk kesehatan yang pertama adalah membantu meningkatkan gula darah. Nanas mempunyai kadar gula yang tergolong tinggi. kamu dapat mengkonsumsi nanas untuk menambah kadar gula kamu.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat nanas untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber utama antioksidan dari buah nanas adalah kandungan vitamin C-nya. Selain itu, asam amino pada nanas juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua zat tersebut sangat diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas. Dengan demikian, manfaat nanas untuk kesehatan adalah menjaga stamina kamu agar tetap fit.

 

3 dari 10 halaman

3. Memperkuat tulang

 

Buah nanas baik dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis. Kandungan mineral mangan pada buah ini membuat manfaat nanas untuk kesehatan adalah membantu memperkuat tulang. Kandungan mineral mangan tersebut juga sangat dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan-jaringan tulang. Secangkir jus nanas akan cukup memberi asupan hampir tiga perempat dari mangan yang kamu butuhkan setiap hari. Tidak hanya bekerja untuk memperkuat tulang, tetapi juga akan memperkuat jaringan ikat (tendon, ligamen, dan lain-lain) di sekitar tulang.

4. Lawan radikal bebas

Nanas mengandung banyak vitamin C, salah satu antioksidan terpenting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga sangat efektif untuk menyingkirkan radikal bebas. Cara mengambil manfaat nanas untuk kesehatan adalah dengan meminum jus nanas setiap hari. Kebiasaan ini akan membantu mengurangi kerusakan tubuh akibat radikal bebas.

 

 

4 dari 10 halaman

5. Mencegah penyakit jantung

Manfaat nanas untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah penyakit jantung. Vitamin C dalam nanas akan mencegah oksidasi kolesterol, sehingga mencegahnya berubah menjadi plak penyumbatan arteri. Nanas juga sarat dengan potasium, mineral yang membantu menyeimbangkan jumlah air yang disimpan tubuh. Terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Jadi, minum jus nanas kaya kalium adalah cara terbaik untuk memastikan elektrolit seimbang.

6. Anti radang

Dua zat utama dalam buah nanas yang bekerja efektif bersama-sama mengantisipasi munculnya peradangan dalam tubuh adalah enzim bromelin dan enzim proteolitik. Kedua zat tersebut mengurangi peradangan pemicu kanker atau tumor dalam tubuh. Di samping itu, manfaat nanas adalah sebagai penyembuhan luka secara cepat atau pembengkakan dalam tubuh.

 

5 dari 10 halaman

7. Tingkatkan kesehatan mata

Seiring bertambahnya usia, sel-sel pada mata cenderung rusak. Ini disebut degenerasi makula. Salah satu cara terbaik untuk mencegah degenerasi ini adalah dengan meningkatkan asupan Vitamin A. Jus nanas mengandung beta karoten, nutrisi yang berubah menjadi Vitamin A. Jadi, manfaat buah nanas adalah membantu meningkatkan kesehatan mata.

8. Mencegah kanker

Manfaat nanas untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah kanker. Nanas tidak hanya efektif dalam memerangi radikal bebas, tetapi juga dapat menangani kanker. Nanas terbukti efektif melawan kanker prostat berkat kandungan beta karoten-nya.

 

6 dari 10 halaman

9. Tingkatkan kesuburan

Mineral dalam jus nanas, yakni seng, tembaga, beta-karoten, folat dan lain-lain, akan membantu pria dan wanita untuk memiliki sistem reproduksi yang sehat. Cara mengambil manfaat nanas secara optimal adalah dengan meminum lebih banyak jus nanas dapat meningkatkan peluang untuk memiliki keturunan.

10. Menyembuhkan kulit

Cara mendapatkan buat nanas untuk kesehatan adalah dengan memakan buah nanas atau minum jus nanas. Kebiasaan ini berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang paling penting untuk dikonsumsi jika kamu ingin memiliki kulit yang sehat, karena lebih banyak vitamin C berarti kulit kamu dapat menghasilkan lebih banyak kolagen dan elastin. Nanas akan membantu mempercepat penyembuhan kulit, mengurangi keausan pada kulit, dan memperbaiki tekstur kulit.

 

 

7 dari 10 halaman

11. Menjaga gigi dan gusi sehat

Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, manfaat nanas berguna untuk kesehatan gigi dan gusi kamu. Hanya makan irisan nanas akan menjaga gigi dan gusi yang sehat, lho. Selain itu, nanas juga bisa membantu membuat gigi kamu terlihat lebih putih dan menghilangkan plak, terutama yang disebabkan oleh enzim yang disebut bromelain.

12. Manfaat nanas sebagai anti penuaan

Menerapkan masker nanas di wajah dapat mengurangi efek penuaan. Hal ini karena nanas memiliki kandungan asam alpha-hydroxy dan antioksidan yang menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

 

 

8 dari 10 halaman

13. Menghilangkan kutil

Salah satu cara terbaik untuk menangkal kutil, tahi lalat, dan noda di wajah adalah dengan menerapkan nanas langsung ke kulit kamu. Cara mengambil manfaat nanas untuk kesehatan kulit adalah diamkan selama 10 menit dan lihat hasilnya. Hebatnya, kandungan vitamin C pada nanas aman terhadap kulit sensitif.

14. Manfaat nanas untuk memperkuat kuku dan kutikula

Apakah kamu mengalami kulit kering dan kuku sering patah? Nanas adalah buah ajaib yang akan memperbaiki kekurangan vitamin dalam tubuh sehingga dapat menguatkan kuku dan kutikula.

 

 

9 dari 10 halaman

15. Membantu menghilangkan bintik-bintik di wajah

Selain untuk diolah menjadi makanan, nanas juga dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Manfaat nanas untuk kesehatan kulit adalah membantu menghilangkan bintik-bintik di wajah. Salah satu dari banyak orang menggunakan nanas untuk membantu menghilangkan noda atau bintik-bintik gelap di wajah.

16. Mencegah jerawat

Selain berguna untuk kesehatan tubuh secara umum, nanas juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Manfaat nanas untuk kesehatan kulit adalah dapat menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif. Enzim bromelain pada buah ini mencegah munculnya bintik bekas jerawat, mengecilkan pori-pori sekaligus menghilangkan komedo.

17. Sebagai sumber energi

Manfaat nanas untuk kesehatan lainnya adalah sebagai sumber energi. Kandungan vitamin B1 yang ada di dalam buah nanas dapat bermanfaat mengubah gula menjadi energi sehingga disarankan untuk mengkonsumsi buah nanas sehari-hari atau rutin mengkonsumsi jus nanas.

 

 

10 dari 10 halaman

Efek samping kebanyakan makan buah nanas

Manfaat nanas untuk kesehatan memang sangat banyak, tapi mengonsumsinya secara berlebihan juga tidaklah baik. kamu mungkin akan merasakan bengkak dan agak gatal di bagian, bibir, lidah, dan pipi bagian dalam. Hal ini disebabkan oleh sifat daging nanas itu sendiri yang panas, biasanya akan hilang dalam beberapa jam. Tapi kalau disertai gatal-gatal sampai sulit bernapas, bisa jadi kamu memang alergi buah nanas.

Sedangkan untuk wanita hamil, asupan kandungan bromelain yang berlebihan akan mengakibatkan kontraksi rahim yang berpotensi menimbulkan keguguran. Bukan berarti ibu hamil tidak boleh makan nanas. Bromelain dalam level membahayakan ini baru bisa didapat jika kamu melahap dua buah nanas utuh sekaligus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.