Sukses

Pola Makan Sehat Jauhkan Anak dari Stunting

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menyampaikan, pola makan sehat dapat menjauhkan anak dari stunting. Stunting adalah gangguan pertumbuhan pada anak, ketika tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dikeluarkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, angka stunting turun dari 37,2 persen (Riskesdas 2013) menjadi 30,8 persen.

"Dari angka stunting itu artinya tiga anak di antara 10 anak kena stunting. Dengan mengubah perilaku pola makan sehat dan memberikan makan yang tepat pada anak akan menjauhkan anak dari stunting," kata Menkes Nila dalam puncak Hari Kesehatan Nasional ke-54 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/11/2018).

Pola makan sehat yang dimaksud yakni dengan asupan karbohidrat, protein, dan vitamin yang seimbang. Selain itu, konsumsi buah dan sayur juga dapat menambah gizi sehat pada tubuh.

 

2 dari 2 halaman

Olahraga dan hindari merokok

Pola hidup sehat tak semata bertumpu pada makan sehat semata. Gaya hidup dengan rutin olahraga juga perlu diterapkan. Menkes Nila berterimakasih atas Car Free Day (CFD) yang rutin dilaksanakan, khususnya di Jakarta.

"Saya terima kasih juga dengan adanya Car Free Day. Masyarakat jadi punya ruang untuk olahraga dan aktivitas sehat lainnya," lanjut Menkes Nila.

Dalam kesempatan yang sama, Menkes Nila menekankan agar anak-anak menghindari merokok. Menkes merasa miris terhadap fenomena merokok di kalangan anak-anak dan remaja saat ini.

"Anak-anak enggak boleh merokok lah ya. Siapa di sini anak-anak yang merokok? Nanti (anak-anak) yang masih merokok, saya masukin ambulans lho," ujar Menkes Nila berseloroh.