Sukses

Pantang Santap Kerupuk dan Makanan Pedas, Intip Menu Makan Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Selain latihan, asupan makanan merupakan aspek penting yang mendukung penampilan prima Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Dokter timnas memiliki beberapa aturan ketat soal asupan makan.

Seluruh pemain Timnas Indonesia tidak boleh makan sembarangan demi menjaga kondisi selama turnamen dua tahunan ini.

"Kami selalu berkoordinasi dengan koki hotel agar para pemain mendapat menu makan sesuai standar atlet. Menu setiap hari harus ada sayur, buah, karbohidrat, protein, yogurt, dan ditambah vitamin. Makanan juga tidak boleh ada santan, jangan terlalu asin, jangan terlalu manis, dan tidak pakai msg," kata dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi seperti dilansir laman resmi PSSI. 

Pemain dilarang mengonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak dan pedas. Tak hanya itu, kerupuk juga tidak boleh ada di menu makan mereka. Satu lagi, Hansamu Yama cs dilarang jajan sembarangan.  

"Pemain juga tidak boleh jajan diluar. Pemain sangat mematuhi aturan ini, kalaupun mereka lapar di luar jam makan ada menu snack yang disediakan pihak hotel," tambahnya dilansir brilio.net dari laman PSSI.

Selain pengawasan makanan yang ketat, pemain Timnas Indonesia juga dilarang untuk keluar hotel pada malam hari. Aturan tersebut dibuat untuk menjaga kebugaran dan kondisi pemain.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 2 halaman

Pendapat Stefano Lilipaly

Salah satu pemain Indonesia, Stefano Lilipay mengaku menu makanan dan aturan ini sangat diakuinya membantu menjaga kondisi dan kebugaran pemain.

"Menu makanan kami juga tidak ada masalah, karena itu bagus untuk kami juga. Selain itu kami juga harus pandai mengatur waktu terutama jam istirahat agar tampil maksimal di seiap pertandingan," kata Stefano.

 

 

Penulis:  Cisilia Perwita Setyorini/brilio.net

 

Artikel Selanjutnya
Bima Sakti Percaya Diri Cuma Bawa 2 Striker Timnas Indonesia di Piala AFF 2018
Artikel Selanjutnya
AFF 2018: Timnas Indonesia Jadi Target Pelampiasan Singapura