Sukses

Cara Unik Bill Gates Bicara Masalah Sanitasi

Bill Gates mengungkapkan masih adanya ketidakadilan soal sanitasi di beberapa wilayah miskin

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Microsoft, Bill Gates menggunakan cara unik saat menyampaikan pidatonya tentang sanitasi. Dia membawa sebuah toples berisi tinja manusia saat naik ke panggung.

Mengutip New York Post pada Rabu (7/11/2018), hal itu dilakukan Bill Gates pada Selasa waktu setempat di Reinvented Toilet Expo di Beijing, Tiongkok. Aksi tersebut dia lakukan untuk memastikan publik menyoroti masalah sanitasi.

Selama tujuh tahun terakhir, yayasan yang didirikan Bill Gates dan sang istri, Melinda, menghabiskan lebih dari 200 juta dolar untuk penelitian tentang teknologi toilet terbaru.

"Saya harus mengatakan satu dekade yang lalu saya tidak pernah membayangkan bahwa saya tahu begitu banyak tentang kotoran," canda Gates.

"Dan saya benar-benar tidak pernah berpikir Melinda harus memberitahu saya untuk berhenti bicara tentang toilet dan kotoran di meja makan," tambahnya.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendukung

Miliarder 63 tahun itu berada di Tiongkok selama tiga hari. Dalam kunjungannya, Gates mendukung pimpinan Tiongkok Xi Jinping dan program "revolusi toilet" yang menjadi prioritas di negeri tirai bambu itu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, masalah sanitasi masih dialami 2,3 miliar penduduk dunia. Hal semacam ini mengarah pada penyebaran penyakit mematikan.

"Ini bukan masalah lagi jika kita dapat menemukan kembali toilet dan sistem sanitasi lainnya," kata Gates.

 

3 dari 3 halaman

Ketidakadilan Sanitasi

Kepada BBC, Gates menjelaskan tentang ketidakadilan sanitas saat ini semakin berkembang.

"Di negara-negara kaya, kami memiliki saluran yang mengambil air bersih dan membuang sebagian air kotor keluar. Dalam semua kasus ada rencana perawatan," ujarnya.

"Karena semua kota baru ini memiliki banyak orang yang tidak mampu di dalamnya, saluran pembuangan semacam itu belum dibangun dan pada kenyataannya, itu mungkin tidak akan pernah ada. Jadi pertanyaannya adalah, bisakah Anda melakukannya? Bisakah Anda mengolah kotoran manusia tanpa sistem saluran pembuangan itu?"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.