Sukses

Banyak Menteri Perempuan di Kabinetnya, Jokowi: Saya Yakin Kehebatan Perempuan

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara alasannya menunjuk sembilan perempuan yang masuk dalam Kabinet Kerja. Jumlah ini adalah yang terbanyak dalam sejarah pemerintahan Indonesia.

Rupanya, Jokowi memiliki alasan serta keyakinan bahwa sosok perempuan memiliki keunggulan dan layak untuk menempati posisi strategis dalam pemerintahan.

“Karena saya yakin kehebatan perempuan, saya juga meyakini ketelitian, ketangguhan dan kesiapan dalam bekerja,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat membuka Kongres XX Tahun 2018 Wanita Katolik Indonesia (WKRI), di Magnolia Grand Ballroom Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat pada Selasa (30/10/2018) seperti dikutip rilis setkba.go.id.

Kesembilan menteri perempuan yang diangkat pada awal Kabinet Kerja adalah Puan Maharani (Menko PMK), Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan), Siti Nurbaya (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Nila F. Moeloek (Menteri Kesehatan), Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan).

Juga ada Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri), Rini Soemarno (Menteri BUMN), Yohana Yembise (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) dan Khofifah Indar Parawansa (Mantan Menteri Sosial).

 

Menurut Presiden, dari sembilan menteri perempuan sebelum Khofifah menjadi calon gubernur, ada yang halus seperti Yohana Yembise dan Nila Moeloek, tapi ada yang galak juga, yaitu Ibu Susi Pudjiastuti.

Jokowi pun berharap terhadap peran organisasi perempuan dalam membangun negara ini, dalam membangun Indonesia, termasuk di dalamnya peran besar dari Wanita Katolik Republik Indonesia.

Artikel Selanjutnya
Jokowi Dilaporkan ke Bawaslu, Timses: Hanya Ingin Cari Popularitas Saja
Artikel Selanjutnya
Dilaporkan ke Bawaslu soal Pelanggaran Kampanye, Ini Kata Jokowi