Sukses

10 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Cepat dan Alami, Murah dan Mudah

Perlu langsung dicoba nih biar selalu tampil muda alami.

Liputan6.com, Jakarta Tampil prima merupakan impian semua orang. Tak heran, berbagai cara dilakukan agar penampilan dari ujung kepala hingga ujung kaki terlihat perfect. Tapi gimana jadinya jika penampilan yang udah kece badai harus ternodai dengan kantung mata? Duh nggak banget dong ya.

Selain jerawat, kantung mata juga sangat mengganggu penampilan. Terlebih jika kantung mata itu menghitam dan bergelambir.

Harus diakui mata merupakan bagian tubuh yang menunjang penampilan. Ketika mata bersinar, cantik dan bebas kantung mata, kamu akan terlihat semakin mengagumkan. Tapi sayangnya, pola hidup yang kurang sehat, kebiasaan tidur malam atau begadang dan menatap layar hp dalam waktu lama, bisa meningkatkan risiko munculnya kantung mata hitam lho.

Jika biasanya kamu rajin menutupi kantung mata dengan make up sekarang udah saatnya kamu mempelajari cara menghilangkan kantung mata hitam nih. Apalagi caranya sangat mudah dan bahan-bahannya pun sangat sederhana dan ada di sekelilingmu. Nah, berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Minggu (21/10/2018) cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Mentimun

Langkah pertama dan paling mudah serta alami adalah dengan menggunakan mentimun. Kandungan vitamin A, B, dan C, serta kandungan air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silikon pada mentimun sangat baik untuk mendukung mata agar sehat dan terlihat lebih segar. Caranya taruh irisan mentimun pada area mata lebih kurang selama 30 menit.

Menempelkan irisan mentimun pada area mata, tentu saja merupakan cara menghilangkan kantong mata yang sudah diketahui oleh banyak orang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mentimun memiliki banyak khasiat luar biasa untuk kesehatan mata. Lakukan secara rutin.

3 dari 11 halaman

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bukan hanya bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Ini berkat antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun membantu mencerahkan kulit di bawah mata yang gelap. Selain itu, ia juga mampu menghidrasi dan melembapkan kulit.

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke area kantung mata dan pijat perlahan. Gunakan setiap hari sebelum tidur. Lakukan cara ini secara rutin hingga mata panda mulai memudar.

4 dari 11 halaman

3. Kantong Teh

Lazimnya usai membuat teh celup, kantongnya akan langsung dibuang. Eits, padahal ‘limbah’ tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata secara alami lho. Pasalnya, tannin pada kantong teh celup dapat mengurangi pembengkakan dan perubahan warna lingkar mata.

Caranya, simpan kantong teh semalaman di dalam kulkas untuk digunakan pagi harinya. Letakkan di atas matamu (dalam keadaan terpejam) selama 10-15 menit. Penggunaan kantong teh sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata ini cukup sering dilakukan orang-orang.

5 dari 11 halaman

4. Kentang

Kentang mempunyai kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mengurangi radang dan menjaga kelenturan kulit. Berikut cara menghilangkan kantung mata dengan kentang.

Kupas dan cuci bersih kentang hingga tidak ada getah kentang. Blender kentang sampai halus. Masukkan kentang yang sudah halus ke dalam kantong yang bersih dan lembut. Kompreskan kain tersebut pada kedua mata selama 15 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan. Lakukan langkah ini secara rutin untuk hasil maksimal.

6 dari 11 halaman

5. Es Batu

Es batu sejak dulu dikenal dapat mengatasi berbagai permasalahan kecantikan, termasuk untuk cara menghilangkan kantung mata. Pasalnya, es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada plantar fascia (jaringan). Penggunaan es batu sangat mudah dan digadang-gadang sangat ampuh untuk menghilangkan kantung mata hitam.

Cara menghilangkan kantung mata dengan es batu adalah, bungkus es batu dengan handuk atau kain bersih. Gunakan untuk mengompres area mata sekitar 10 menit dengan jeda waktu beberapa kali.

7 dari 11 halaman

6. Minyak Almond

Bahan lain yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata kantung mata hitam adalah minyak almond. Minyak almond mengandung vitmin K, vitamin E yang bisa menetralisir lingkar hitam mata dan membuat kulit cerah.

Cara memakainya, oleskan minyak almond pada bagian bawah mata yang menghitam menggunakan kapas. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini sebelum tidur di malam hari. Bersihkan saat bangun di pagi hari dengan air bersih.

8 dari 11 halaman

7. Lidah Buaya

Kandungan vitamin E, A, dan C pada lidah buaya dapat membantu menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit. Nah, berkat kandungan tersebut, rutin mengaplikasikan lidah buaya di bagian bawah mata setiap tidur malam, dapat membantu untuk menghilangkan kantung mata.

Caranya, usapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata yang menghitam, dan diamkan selama 15 menit. Bilas dan bersihkan dengan air.

9 dari 11 halaman

8. Putih Telur

Putih telur mengandung vitamin yang dapat membantu mengencangkan kulit. Berkat kandungan tersebut, putih telur dianggap efektif untuk menghilangkan kantung mata.

Berikut adalah cara menghilangkan kantung mata hitam dengan menggunakan putih telur. Oleskan putih telur pada bagian mata yang menghitam. Biarkan selama 20 menit atau hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.

10 dari 11 halaman

9. Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis dan lemon dikenal akan kandungan vitamin c yang cukup tinggi. Alasan itu lah yang menjadikan jeruk nipis dan lemon sudah sangat populer di dunia kecantikan karena dapat mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk masalah mata panda. Lemon dan jeruk nipis dapat menghilangkan lingkaran menghitam di area bawah mata.

Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan memotong lemon atau jeruk nipis secara melingkar kemudian menempelkannya pada bagian kedua mata sekitar 10 sampai 15 menit. Lakukan cara menghilangkan kantung mata ini setiap hari untuk hasil maksimal.

11 dari 11 halaman

10. Madu

Madu memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit sehingga ketika dioleskan pada kantung mata. Kulit di area tersebut akan diregenerasi sehingga bisa menjadi cerah lagi.

Cara menghilangkan kantung mata dengan madu sangat mudah yakni dengan mengoleskan madu pada kantung mata dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.