Sukses

Anak Bahagia Jika Dekat dengan Kakek dan Neneknya

Kakek dan nenek tidak boleh dipisahkan dari pengasuhan seorang anak

 

Liputan6.com, Jakarta Orangtua punya tugas memastikan anak-anakny tetap dekat dengan kakek dan neneknya. Kehangatan kakek dan nenek selalu meninggalkan kenangan manis bagi para cucu. Momen tersebut bakal diingat seumur hidupnya dan sangat berharga bagi perkembangan psikologis dan sosialnya.

Usahakan agar anak-anak secara rutin bertemu dengan kakek neneknya. Pasalnya, hubungan cucu dengan kakek nenek ini sangat berdampak pada kesehatan emosi keduanya. Seperti penelitian yang diungkap oleh tim dari University of Oxford, Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kedekatan Anak dengan Kakek dan Nenek

Dikutip dari Motherly, dari penelitian tersebut diketahui anak-anak yang dekat dengan kakek neneknya, lebih sedikit mengalami masalah emosi dan perilaku. Termasuk lebih mampu mengatasi peristiwa traumatik dalam hidupnya.

Kakek nenek ternyata dapat menyediakan semacam dukungan dan rasa aman bagi anak melalui masa kecil dan remajanya. Akrab dengan saudara dan kakek-nenek dapat membuat anak-anak lebih tangguh dan membantu mereka merasa lebih mampu mengendalikan kehidupan mereka.

"Cerita keluarga akan jadi pelajaran berharga bagi anak. Tahu kalau dulu kakeknya dulu berjuang bekerja keras agar ayah mereka bisa kuliah akan sangat mengesankan anak-anak," ujar Bruce Feiler, psikolog dan penulis buku The Secrets of Happy Families.

Untuk itu selalu jaga kehangatan hubungan Anda dan orangtua. Hal ini akan menjadi contoh yang sangat baik bagi anak-anak.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini