Sukses

Cara Sederhana yang Ampuh Singkirkan Bau Mulut

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang menyingkirkan bau mulut secara cepat dengan makan permen dan gosok gigi. Namun, ada cara yang sesungguhnya lebih sederhana dibandingkan hal itu.

Mengutip Reader's Digest pada Rabu (17/10/2018), bau mulut bisa menjadi tanda Anda mengalami dehidrasi. Sehingga, menyikat gigi belum tentu selalu menghilangkannya.

"Jangan berpikir dengan menggosok gigi empat kali sehari akan selalu menyembuhkan bau mulut Anda," ujar juru bicara nasional untuk American Dental Asosciation Dr. Ada S. Cooper, kepada Business Insider.

Cooper mengatakan, ketika mulut lebih kering, Anda memiliki lebih sedikit air liur. "Dan ketika Anda memiliki sedikit lebih air liur, makanan dan bakteri cenderung menetap di mulut Anda untuk jangka waktu yang lebih lama," tambahnya.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Minum air putih membantu hilangkan bau mulut

Karena itu, minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari bisa menyingkirkan bau mulut. Selain itu, Cooper mengatakan bahwa Anda harus berhati-hari jika minum kopi, alkohol, merokok, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu karena menyebabkan mulut kering. 

Mengonsumsi air juga bisa meningkatkan kinerja pencernaan. Secangkir air putih dengan suhu hangat saat perut kosong membersihkan tubuh dari racun yang mempengaruhi kesehatan Anda. Air dan cairan lain akan menstimulasi sistem pencernaan.

Tentu saja, ada alasan lain untuk bau mulut selain kekeringan atau kebersihan yang buruk. Cooper merekomendasikan untuk selalu menggosok gigi di malam hari. Hal ini untuk mencegah sisa makanan dan bakteri yang terperangkap, menghasilkan bau saat seseorang tertidur.

Namun, jika bau mulut terus menerus tidak hilang, segera saja ke dokter gigi. Bisa saja, penyebabnya adalah sesuatu yang lain seperti penyakit tertentu.