Sukses

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Kecantikan, Penghilang Jerawat, dan Pereda Asam Urat

Jakarta Siapa sangka kalau cuka apel, dibalik rasanya yang keterlaluan asamnya, mengandung banyak manfaat? Bahkan, manfaatnya tak cuma di satu aspek saja, namun berbagai aspek di tubuh kita bisa menikmati manfaat cuka apel yang banyak sekali jumlahnya.

Awalnya, cuka apel dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah. Namun makin kemari, manfaat cuka apel bisa kita dapat untuk memperkuat gigi, mencegah rambut rontok, serta manfaat kecantikan seperti menghilangkan jerawat.

Terlebih lagi, cuka apel adalah bahan alami. Bagaimanapun, berbagai produk yang kita aplikasikan ke tubuh, wajah, serta kita konsumsi, adalah produk yang mengandung bahan kimia. Oleh karena itu manfaat cuka apel bisa kita dapat tanpa ada kekhawatiran efek samping tertentu.

Berikut deretan manfaat cuka apel seperti dirangkum Liputan6.com pada Senin (1/10/2018) dari berbagai sumber.

2 dari 8 halaman

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah dan Kecantikan

Ternyata manfaat cuka apel untuk wajah cukup banyak, sehingga cuka apel bisa jadi alternatif Anda dalam mencuci wajah. Berbeda dengan sabun yang memiliki kandungan bahan kimia, manfaat cuka apel akan membawa kulit Anda bebas dari hamparan kimiawi berlebih yang sudah banyak kita konsumsi di berbagai aspek.

Berikut deretan manfaat cuka apel untuk wajah.

 

1. Mengurangi Noda Hitam

Manfaat cuka apel yang pertama adalah kemampuan mengurangi noda hitam di wajah karena penuaan. Mencuci muka tiap hari dengan cuka apel sangat disarankan karena asam hidroksi yang terkandung didalamnya dapat menghilangkan sek kulit mati dan mempercepat regenerasinya.

2. Melawan Jerawat

Manfaat cuka apel berikutnya menyerupai krim khusus yang biasa Anda beli untuk mengusir jerawat. Perbedaannya, manfaat cuka apel ini alami dan tanpa bahan kimia. Cuka apel sendiri memiliki kemampuan antibakteri yang mampu menjaga kulit tetap bersih dari bakteri penyebab jerawat.

3. Menyeimbangkan kulit

Manfaat cuka apel selanjutnya adalah kemampuan menyeimbangkan kulit dengan cara menjaga pH kulit dan juga menyeimbangkan kadar minyaknya. Dengan ini, kulit tak akan terlalu berminyak atau terlalu kering.

4. Melawan keriput

Garis halus dan keriput yang hilang merupakan manfaat cuka apel yang paling menarik bagi mereka yang kulitnya tak muda lagi. Tak perlu cuci muka, manfaat cuka apel ini bisa didapat dengan hanya mengaplikasikannya sedikit ke bagian keriput dan kerut halus Anda.

5. Menghilangkan racun pada wajah

Manfaat cuka apel terakhir adalah menghilangkan racun pada wajah. Cuka apel memiliki kemampuan untuk menarik racun dari dalam kulit, sehingga kulit makin segar dan bersinar.

 

3 dari 8 halaman

Manfaat Cuka Apel Untuk Diet

Manfaat cuka apel selanjutnya ini berguna untuk Anda yang ingin mengurangi berat badan. Pasalnya, seperti dilansir dari rubrik Health Liputan6.com, cuka apel terbukti mampu mengatur kadar gula dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi cuka apel sebelum tidur, tubuh akan menghasilkan kadar gula yang lebih rendah di pagi harinya.

Selain itu, manfaat cuka apel untuk diet akan sangat terasa proses pembakaran lemak akan terbantu. Selain itu, cuka apel mampu mengontrol nafsu makan kita berkat senyawa bernama pectin.

Semua manfaat cuka apel ini bisa diraih hanya dengan menambahkan dua sendok makan cuka apel ke segelas air, dan meminumnya.

4 dari 8 halaman

Manfaat Cuka Apel Untuk Jerawat

Cuka apel sebenarnya bukanlah bahan yang telah diteliti secara mendalam sebagai obat pengusir jerawat. Namun, manfaat cuka apel sebenarnya datang dari kandungan antibakteri dan keratolitiknya.

Hal ini membuat Anda sebenarnya bisa memanfaatkan cuka apel untuk mengobati jerawat, namun harus diencerkan terlebih dahulu. Jika tidak, cuka apel bisa memberi sensasi terbakar.

Sebelum memercikkan cuka apel ke wajah untuk pertama kalinya, pastikan Anda sudah melakukan uji coba untuk mengantisipasi reaksi alergi. Caranya, dengan menepuk-nepukkan cuka apel pada kulit di belakang telinga, dan biarkan selama 15 menit.

Untuk mengobati jerawat di rumah, mulailah dengan mencampurkan cuka apel dengan air, dengan perbandingan 4:1 (air:cuka apel). Jika kulit Anda sensitif, pastikan campurannya lebih encer lagi.

Oleskan campuran tadi ke kulit menggunakan kapas, seperti saat Anda sedang menggunakan toner, lalu diamkan 15 menit.

Manfaat cuka apel untuk mengusir jerawat ini merupakan penggunaan luar, yang tidak akan berpengaruh ke jerawat Anda jika Anda minum.

5 dari 8 halaman

Manfaat Cuka Apel Untuk Rambut

Layaknya pada wajah, manfaat cuka apel juga bisa kita lihat jika kita aplikasikan ke rambut. Pasalnya, cuka apel yang kaya dengan vitamin mampu mengontrol minyak berlebih yang merupakan penyebab rambut lepek serta ketombe. JIka rambut Anda berminyak, cuka apel bisa jadi jawabannya.

Manfaat cuka apel untuk rambut ini bisa Anda dapatkan dengan membuat larutan cuka apel untuk rambut. Caraya, larutkan cuka apel ke air bersih hangat dengan perbandingan 1:4. Lalu setelah rambut Anda dicuci bersih dengan shampoo, gunakan larutan ini sebagai pembilas terakhir.

 

6 dari 8 halaman

Manfaat Cuka Apel dan Madu

Jika Anda adalah orang yang menggunakan oabat-obatan dari bahan alami, tentu sudah faham dengan manfaat cuka apel dan madu yang merupakan kombinasi yang baik untuk menyembuhkan luka.

Jika Anda mengalami luka luar, ketimbang diobati dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimiawi, cuka apel dan madu bisa jadi solusi.

Madu memiliki konsistensi dan tekstur yang akan menutupi luka dari debu, sekaligus menghilangkan rasa sakit karena sifat antiradang yang dimilikinya. Sementara cuka apel mampu mencegah persebaran bakteri dan mengurangi rasa gatal karena bersifat antibakteri.

7 dari 8 halaman

Manfaat Cuka Apel Untuk Asam Urat

Salah satu manfaat cuka apel lainnya adalah untuk meredakan asam urat. Pasalnya, cuka apel bersifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit yang dialami para penderita asam urat.

Untuk mendapatkan manfaat cuka apel untuk mengobati asam urat, Anda hanya harus meminum satu sendok makan cuka apel dan air hangat tiap hari.

8 dari 8 halaman

Manfaat Cuka Apel Untuk Gigi

Bagi Anda yang tidak puas dengan warna putihnya gigi Anda, manfaat cuka apel yang satu ini bisa Anda manfaatkan. Pasalnya, hanya dengan berkumur air larutan cuka apel setiap hari sebelum sikat gigi, gigi akan senantiasa putih.

Hal ini dikarenakan sifat asam dari cuka apel mampu jadi pembersih plak yang sangat kuat. Selain itu, sifat anti bakteri dari cuka apel mampu membersihkan gusi dan mulut sehingga terbebas dari bakteri.

Tempat Sauna Khusus Pria Terbakar, 2 Tewas

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Resep Mie Goreng Istimewa, Mulai dari Mie Goreng Jawa, Mie Aceh, dan Mie Pedas Level
Artikel Selanjutnya
Resep Rawon Daging Asli, Rawon Nguling, dan Rawon Ayam Paling Nikmat dan Mudah