Sukses

Durasi Olahraga Kardio yang Tepat untuk Tubuh Menurut Para Ahli

Olahraga kardio merupakan salah satu jenis olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Selain itu, kardio juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kira-kira berapa lama idealnya berolahraga kardio?

Liputan6.com, Jakarta Olahraga kardio punya segudang manfaat dan gampang dilakukan. Tak heran, ia punya banyak peminat. Namun, ada juga yang tidak menggemarinya karena dianggap terlalu berat. Untuk meyakinkan diri akan manfaat olahraga satu ini, simak kata para ahli mengenai manfaat olahraga kardio dan durasi idealnya seperti dikutip dari Swara Tunaiku.  

1. Phil Timmons (Program Manager Blink Fitness)

Jika bercita-cita memiliki kesehatan fisik dan mental, olahraga kardio wajib menjadi menu work out rutin. Menurut Phil Timmons, olahraga kardio adalah salah satu upaya terbaik agar tubuh tetap sehat dan fit.

Pasalnya, saat melakukan olahraga kardio, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang membuat seseorang lebih bahagia. Sehingga memberikan efek positif pada mood, pikiran, dan metabolisme tubuh. Tubuh dan jiwa bahagia, rasa stres pun hilang.

Bahkan hanya dengan olahraga kardio ringan seperti lari di treadmill selama 10 menit saja, efek positif ini sudah terasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Jeff Monaco (Education Manager Gold’s Gym Fitness Academy)

Jeff Monaco membeberkan sisi positif olahraga kardio yang ampuh mencegah penyakit diabetes dan serangan jantung.  

Alasannya, saat olahraga kardio, tubuh akan mengambil banyak oksigen yang kemudian akan melewati otot. Otot dengan stok oksigen yang banyak mampu membakar lemak dengan baik. Sehingga, olahraga kardio dipercaya bisa menjaga kadar gula dalam tubuh. Memiliki kadar gula seimbang menghindarkan diri dari ancaman diabetes.

 

3. Astrid Swan (Instruktur Utama Barry’s Bootcamp)

Lalu, berapa lama waktu ideal buat olahraga kardio? Disarankan oleh instruktur utama Barry’s Bootcamp, Astrid Swan waktu ideal olahraga kardio bergantung pada tujuan dan tingkat kebugaran seseorang.

Untuk nonatlet, bisa dimulai dengan olahraga kardio selama 10 sampai 20 menit. Bisa dilakukan selama 4 hingga 5 kali dalam seminggu. Poin terpenting yang harus diingat, setiap olahraga kardio harus dimulai dengan pemanasan dan ditutup dengan pendinginan sekitar 3 sampai 5 menit. (Felicia Margaretha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.