Sukses

Cara Merawat Rambut yang Mudah dan Alami, untuk Rambut Kering, Rontok, dan Berketombe

Jakarta Memiliki rambut yang indah, subur, lembut ketika disisir, serta tentunya sehat, adalah dambaan semua orang baik pria maupun wanita. Hal ini memang bisa didapat dari menggunakan produk-produk shampoo yang ada di pasaran, namun Anda harus punya upaya lebih agar kesehatan rambut bisa mencapai titik maksimalnya.

Kunci dari cara merawat rambut yang terbaik sebenarnya hanya telaten. Karena produk yang diklaim mampu memberikan khasiat hair repairing dalam waktu singkat pun tidak akan manjur jika tidak digunakan secara teratur.

Berikut akan kami ulas cara merawat rambut dengan bahan-bahan yang alami, seperti dirangkum Liputan6.com pada Jumat (21/9/2018) dari berbagai sumber.

2 dari 11 halaman

Cara merawat rambut kering

Bagi yang mengalami gejala penipisan rambut atau kerontokan, perawatan dari luar saja tak cukup. Sebaiknya diimbangi dengan nutris penyubur rambut. Berikut ini cara-cara merawat rambut rontok agar subur dan lebat.

1. Rawat dengan tonik daun jambu

Cara merawat rambut rontok yang pertama adalah dengan tonik daun jambu yang bisa Anda buat sendiri. Dilansir StyleCraze, tonik daun jambu kaya akan vitamin B, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut serta memiliki kandungan analgesik, anti-inflamasi, anti-mikroba, dan antioksidan. Buatlah tonik dari segenggam daun jambu biji yang direbus bersama air. Semprotkan di kulit kepala setelah keramas dan lakukan pemijatan.

2. Pakai masker bawang merah dan bawang putih

Bahan alami juga bisa jadi cara merawat rambut rontok. Kali ini Anda bisa membuat masker rambut dari sari bawang putih dan bawang merah. Dilansir StyleCraze, bawang merah kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sulfur. Bawang putih mengandung tembaga dan zat besi yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut.

3. Konsumsi suplemen penyubur rambut

Cara merawat rambut rontok yang terakhir adalah dengan menyehatkannya dari dalam. Dilansir Vitamins e-Store, suplemen biotin (vitamin B7), vitamin C, vitamin D, vitamin E, selenium, lycopene, lysine, dan minyak ikan bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengendalikan kerontokan.

3 dari 11 halaman

Cara merawat rambut kering

Rambut kering biasanya lebih mudah rusak. Ini disebabkan kurangnya kelembapan pada batang rambut. Masalahnya beberapa orang memang memiliki jenis rambut seperti ini sejak lahir. Lalu bagaimana cara merawat rambut yang kering dan kasar?

Di bawah ini beberapa tips dan cara merawat rambut yang cenderung kering.

1. Memilih Sampo yang Tepat

Kamu memerlukansampo dengan kandungan tepat untuk membantu membersihkan dan merawat kulit kepala sehingga bebas ketombe dan bebas minyak. Itu karena salah satu penyebab munculnya ketombe adalahkulit kepala yang kurang bersih dan terawat.Nah yang kamu butuhkan untuk kulit kepalamu adalah HEAD & SHOULDERS Suprême Anti-Hair Fall Shampoo yang mengandung Argan Crème⁺, ekstrak madu, minyak argan, ZPT, dan kondisioner.

Cara merawat rambut kering yang pertama adalah dengan kondisioner. Kalau rambut Anda kering, maka kondisioner adalah produk yang wajib digunakan sehabis keramas.

 

Argan yang dikenaldiambil dari tree of lifedi Moroko merupakanbahan alami untukmelembabkan kulit dan rambut. Sehingga formula yang terkandung dalam HEAD & SHOULDERS SUPRÊME Anti-Hair Fall Shampoo ini membantu mengunci kelembabankulit kepala juga rambut, memperbaiki rambut kusam, serta menjadikan rambut tampak berkilau dan terasa lembut.

2. Hair mask

Cara merawat rambut yang kedua adalah dengan masker rambut atau hair mask. Rawat rambut dengan masker instan atau yang menggunakan bahan-bahan alami secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Pilih yang mengandung pelembap ekstra seperti madu, yogurt, dan minyak zaitun.

3. Hair wrap

Cara merawat rambut yang ketiga adalah dengan menggunakan hair wrap. Setelah keramas, bungkus rambut yang masih basah dengan handuk selama 1-2 jam. Setelah itu lepaskan handuk dan biarkan kering seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut seketika.

4. Gunakan vitamin rambut

Cara merawat rambut yang terakhir adalah dengan mengaplikasikan vitamin rambut pada rambut Anda. Sebutir minyak vitamin rambut setiap selesai keramas dan sebelum hair dryer bisa membantu melemaskan rambut kering dan kasar.

4 dari 11 halaman

Cara merawat rambut rusak

Sama seperti rambut kering, rambut rusak juga perlu penanganan khusus. Berikut ini beberapa cara merawat rambut yang bercabang dan rapuh.

1. Potong ujung rambut yang rusak

Bagian yang rusak total harus segera disingkirkan.

2. Gunakan sampo pada area kulit kepala saja

Busa sampo bisa menjadikan rambut rusak semakin kering dan mudah patah.

3. Gunakan kondisioner untuk rambut rusak

Tak cuma melembutkan, kondisioner juga bisa melapisi dan menutrisi batang rambut.

4. Pakai masker rambut

Satu atau dua kali seminggu untuk mengembalikan kelembapan dan nutrisi yang hilang. Pilih bahan-bahan alami berkhasiat seperti madu, lidah buaya, yogurt, alpukat, atau minyak tumbuhan lain.

5. Lakukan pemijatan dengan hot oil

Panaskan minyak tumbuhan seperti minyak kelapa, zaitun, canola, atau rapeseed sampai hangat, kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala.

6. Konsumsi nutrisi yang baik

Penuhi kebutuhan vitamin vitamin A, vitamin B, protein, dan zinc.

5 dari 11 halaman

Cara merawat rambut keriting

Punya rambut keriting seperti Wizzy? Atau rambut Anda justru ikal seperti Nadine Chandrawinata? Kalau begitu Anda harus tahu cara merawat rambut eksotis tersebut.

Ada beberapa tips dan cara merawat rambut keriting yang bisa Anda coba di rumah.

1. Pilih produk khusus rambut keriting

Cara merawat rambut keriting adalah mencoba produk yang dikhususkan untuk rambut tak lurus ini. Biasanya produk perawatan seperti ini terdiri dari sampo, kondisioner, dan serum atau styling product.

2. Leave-on conditioner

Ada produk yang bisa Anda dapatkan di pasaran berupa kondisioner yang tak perlu dibilas, yang ampuh digunakan sebagai cara merawat rambut yang keriting. Pakai kondisioner tanpa bilas ini agar rambut keriting tidak meliar. Produk leave-on conditioner ini juga bisa diganti krim penyisir rambut.

3. Pakai handuk lembut

Car amerawat rambut rontok paling mudah adalah dengan mengganti handuk Anda. Gunakan handuk microfiber, karena handuk biasa memiliki permukaan kasar yang bisa merusak batang rambut. Bisa juga menggunakan kaos lama berbahan lembut.

4. Rutin hair mask

Dengan rutin memasker rambut Anda, itu sudah bisa jadi cara merawat rambut keriting yang ampuh. Jangan lupa hair mask setidaknya seminggu sekali agar rambut keriting tetap lembut dan berkilau seperti Atiqah Hasiholan.

5. Ikat rambut sebelum tidur

Cara merawat rambut keriting yang paling mudah dan akan terlihat signifikan adalah dengan mengikat rambut saat tidur. Agar rambut ikal tak kusut masai saat bangun tidur ikatan longgar pada rambut Anda akan sangat membantu.

6 dari 11 halaman

Cara merawat rambut panjang

Semakin panjang rambut biasanya semakin bermasalah kondisinya, terutama di bagian ujung. Untuk mencegah hal ini, ada beberapa cara merawat rambut panjang yang bisa diterapkan.

1. Pakai minyak almond

Cara merawat rambut panjang yang pertama adalah dengan menggunakan minyak almond. Dilansir Boldsky, minyak almond mengandung aneka nutrisi sehat untuk rambut seperti asam lemak Omega-3, fosfolipid, vitamin E, dan magnesium yang penting untuk kesehatan rambut.

2. Rawat dengan jus lidah buaya

Salah satu metode mudah dan ampuh untuk mempertahankan rambut panjang Anda, adalah menempuh cara merawat rambut dengan masker lidah buaya yang diblender.

3. Gunakan vitamin rambut di ujung

Cara merawat rambut panjang selanjutnya ini cukup mudah. Aplikasikan vitamin dengan berfokus hanya di ujung rambut Anda. Ujung rambut panjang biasanya mudah bercabang sehingga butuh nutrisi lebih.

4. Kondisioner

Ketika rambut Anda pendek, kondisioner mungkin boleh dilewati. Namun ketika rambut panjang, penggunaan kondisioner adalah cara merawat rambut paling wajib. Jangan sampai alpa mengusap kondisioner setiap habis keramas.

7 dari 11 halaman

Cara merawat rambut rontok dan berketombe

Ketombe tak hanya bisa mendatangkan rasa gatal. Tapi juga bisa akibatkan kerontokan. Kalau Anda sudah bermasalah dengan keduanya, maka Anda membutuhkan cara merawat rambut yang bisa mengatasinya.

Di bawah ini beberapa cara merawat rambut rontok dan berketombe yang efektif.

1. Pijat dengan minyak pohon teh

Minyak pohon teh ampuh atasi ketombe dan jerawat di kulit kepala yang kadang bisa terjadi. Juga dapat melancarkan peredaran darah untuk kesuburan rambut.

2. Pakai masker pepaya dan madu

Pepaya mengandung chitinase yang melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe. Kombinasikan dengan khasiat antiseptik dan menyuburkan dari madu.

3. Pakai masker aloe vera dan jeruk nipis

Aloe vera bersifat anti-septik dan menyuburkan. Padukan dengan sari lemon agar kulit kepala sehat.

5. Jauhi wax dan styling gel

Kedua produk ini bisa membuat rambut cepat kotor dan menjadi sarang jamur. Selain itu bahan kimianya bisa melemahkan batang rambut.

8 dari 11 halaman

Cara merawat rambut pria

Umumnya kaum pria tidak ingin perawatan yang ribet, termasuk untuk rambut. Berikut ini beberapa cara merawat rambut yang sesuai untuk pria.

Jangan keramas setiap kali mandi. Kebiasaan ini bisa membuat rambut rontok dan keseimbangan pH kulit kepala tak seimbang. Keramas dua hari sekali saja.

1. Pakai kondisioner

Kondisioner perlu untuk menjaga agar rambut tidak kaku dan tetap sehat.

2. Jangan pakai pomade terlalu sering

Pomade yang tidak berbasis air bisa membuat rambut rapuh.

3. Gunakan minyak rambut alami

Minyak kemiri atau urang-aring sekali waktu akan menjadikan rambut sehat dan tidak cepat beruban.

 

 

9 dari 11 halaman

Cara merawat rambut agar lurus

Kadang rambut terlihat lebih keriting karena kurang kelembapan dan tidak dirawat dengan baik. Bagaimana cara merawat rambut seperti ini agar terlihat lebih lurus alami? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Bilasan santan dan jeruk nipis

Bilas rambut yang sudah dikeramas dengan santan sebagai pengganti kondisioner.

2. Rajin hair mask

Bahan alami kaya pelembap seperti madu, yogurt, pepaya, pisang, dan minyak kelapa akan menjadikan rambut lembap dan lebih lurus.

3. Sisir dan keringkan dengan hair dryer

Agar rambut terlihat lebih lurus dan rapi, keringkan dengan hair dryer. Selagi rambut dikeringkan, sisir terus-menerus sampai benar-benar kering.

4. Jangan sering diikat atau digelung

Ikatan karet akan membuat rambut bergelombang.

5. Pakai vitamin rambut

Selain melemaskan rambut, minyak vitamin juga menjadikan rambut tampak lebih lurus.

10 dari 11 halaman

Cara merawat rambut alami

Ingin tahu cara merawat rambut dengan bahan-bahan alami? Berikut ini beberapa bahan terbaik yang bisa dimanfaatkan khasiatnya.

1. Masker alpukat

Kaya akan minyak pelembap alami dan vitamin E yang baik untuk rambut kering dan rusak.

2. Masker pisang

Pelembap alami, mineral, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam pisang penting untuk kesehatan dan kelembutan rambut.

3. Masker santan instan

Padukan santan instan dengan air perasan jeruk nipis agar rambut sehat, lebat, lembut, dan bebas lepek.

4. Masker putih telur dan lidah buaya

Keduanya merupakan dua bahan alami terbaik untuk menyuburkan dan melebatkan rambut.

5. Konsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, selada air, dan sawi kaya akan methyl sulphony methane (MSM) yang bisa meningkatkan produksi keratin pada rambut.

Agar rambut tak 'liar' seperti surai singa, Anda yang memiliki rambut mengembang bisa mencoba beberapa cara merawat rambut di bawah ini.

1. Gunakan vitamin rambut

Melembutkan rambut yang terasa kering dan kasar dalam waktu singkat.

2. Bilas dengan cuka apel

Dilansir Boldsky, sifat asam pada cuka apel berfungsi untuk menyeimbangkan pH pada kulit kepala dan batang rambut. Dengan demikian, rambut tidak akan terlalu kering dan mengembang. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Tuangkan ke rambut, kemudian diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.

3. Pakai masker alpukat dan yogurt

Mengandung minyak pelembap alami dan nutrisi yang ampuh sebagai kondisioner dan masker rambut.

11 dari 11 halaman

Cara merawat rambut agar tidak mengembang