Sukses

Mengapa Kita Mengeluarkan Air Mata Saat Menguap?

Ada penjelasan ilmiah mengapa saat menguap, kita mengeluarkan air mata

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya karena kesedihan, air mata juga bisa mengalir ketika kita menguap. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ketika kita menguap, otot-otot wajah di sekitar mata menjadi tertarik. Hal tersebut mampu memberikan tekanan pada kelenjar air mata. Kelenjar ini tersimpan dengan rapi di bawah kelopak mata atas kita, tepat di bawah tulang alis.

"Kelenjar-kelenjar ini menghasilkan komponen berair para air mata alami di mata kita," tulis optometris, Cheryl G. Murphy seperti dikutip dari Huffington Post pada Rabu (29/8/2018).

Menurut Murphy, kelenjar ini bekerja untuk memproduksi dan melepaskan air mata secara perlahan. Gunanya untuk melapisi mata kita setiap saat, sehingga tidak hanya ketika seseorang menangis.

"Ketika otot-otot wajah menegang selama menguap, kelenjar lakrimal mungkin tertekan, menyebabkan mereka melepaskan sedikit air mata yang mereka simpan untuk dibebaskan nanti," tambah Murphy. 

 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Air Mata Basal

Mengutip dari Lasik MD, peneliti di Pusat Penelitian Primata Nasional Yerkes di Emory University, Matthew Campbell mengatakan, beberapa orang percaya bahwa otak mengirimkan sinyal untuk istirahat singkat dalam bentuk menguap, ketika terlalu banyak menerima informasi. Para ahli juga setuju bahwa menguap dan air mata adalah sebuah hasil dari fungsi fisiologis.

Air mata basal sendiri merupakan air mata yang bertanggung jawab untuk melumasi mata selama kehidupan sehari-hari. Cairan ini adalah campuran protein, air, minyak, dan sedikit lendir untuk memberikan mata sensitif manusia dengan kelembaban dan lubrikasi yang dibutuhkan.

Air mata ini biasanya mengalir secara diagonal di seluruh mata, untuk dikumpulkan di sudut yang berlawanan dalam struktur yang disebut punctum, namun, mata yang tertutup rapat selama menguap menutup drainase terbuka.

Hal ini membuat air mata Anda tidak akan keluar sampai mata terbuka lagi. Karena itu, sebelum punctum melakukan tugasnya, penglihatan akan kabur selama beberapa detik. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.