Sukses

Menkes Nila Lakukan Senam Cicak di Medical Center Asian Games 2018

Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mencoba lakukan 'Senam Cicak' di Medical Center Asian Games 2018, Palembang, Sumatra Selatan.

Liputan6.com, Palembang, Sumatra Selatan Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek berkesempatan melakukan 'Senam Cicak' di Medical Center Asian Games 2018 di Jakabaring Sport Center Palembang, Sumatra Selatan. Senam cicak merupakan salah satu gerakan peregangan,  yang dapat dilakukan di tempat dengan luas terbatas, dengan memanfaatkan tembok sebagai medianya.

Senam cicak tidak hanya untuk atlet Asian Games 2018 yang kelelahan, tapi juga seluruh panitia acara. Salah satu tenaga kesehatan, Mulyaningsih menjelaskan gerakan senam cicak.

“Gerakan senam ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah kelelahan. Senam ini melemaskan otot, non syaraf," ujar Mulyaningsih kepada Menkes Nila, dikutip dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, Senin (27/8/2018).

Senam cicak memiliki empat gerakan utama. Gerakan pertama, berdiri membelakangi tembok, tubuh merapat ke tembok. Lalu gerakan bahu ke belakang, yang dirapatkan ke tembok. Lakukan gerakan senam sebanyak delapan kali hitungan.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerakan senam cicak

Mulyaningsih memaparkan, gerakan kedua, berdiri menghadap tembok, kedua telapak tangan diletakkan ke tembok dengan sejajar dada, siku tidak boleh ditekuk. Panggul digerakkan merapat ke tembok dan menjauh dari tembok.

Untuk gerakan ketiga dan keempat, posisi tubuh masih sama dengan gerakan kedua. Namun, fokus gerakkan adalah tubuh area paha hingga kaki.  

Tariklah kaki ke belakang, lakukan secara bergantian, baik kaki kiri dan kanan. Selanjutnya, ayunkan kaki ke samping kiri kanan bergantian.

“Yang tidak boleh dilupakan adalah atur pernapasan," pesan Mulyaningsih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.