Sukses

Barang-barang Ini Harus Ada di Kotak P3K

Untuk mempersiapkan kecelakaan yang terjadi, pastikan beberapa benda ini harus selalu ada di dalam kotak P3K Anda

 

Liputan6.com, Jakarta Dalam keadaan darurat, kotak medis yang berisi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan salah satu benda yang paling dibutuhkan. Paling tidak, pertolongan pertama dibutuhkan sampai perawatan medis lengkap tersedia.

Dilansir dari Times of India pada Kamis (23/8/2018) pertolongan pertama bisa membantu jika dilakukan dengan benar. Namun, apabila ada kesalahan, hal tersebut bisa mengancam jiwa.

Paling tidak, berikut ini beberapa hal yang harus ada di dalam kotak P3K, yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Setidaknya, hingga pertolongan medis dari instansi yang berwenang tiba.

1. Krim antiseptik

Apabila ada luka, jangan langsung direkatkan dengan plester. Bersihkan luka dengan antiseptik di atasnya adalah langkah pertama. Hal ini bisa menghindari nanah timbul di luka.

2. Perban perekat

Membiarkan luka terbuka bisa membuatnya rentan terkena infeksi. Perban perekat tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Sediakan yang kecil dan juga yang besar dalam kotak P3K.

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peralatan Luka dan Nyeri Otot

3. Pinset

Pinset dibutuhkan ketika Anda harus membuang benda asing yang ada di kulit. Yang pasti, benda ini harus disterilkan sebelum digunakan dan sesudahnya, untuk kemudian disimpan kembali dalam kotak.

4. Plester dan kasa steril

Untuk pendarahan yang banyak, Anda membutuhkan dua benda ini. Oleskan antiseptik dan tutuplah dengan kain kasa untuk menutupinya dan kemudian direkatkan.

5. Semprotan nyeri otot

Nyeri otot adalah salah satu masalah yang paling umum dihadapi orang-orang. Semprotan yang khusus untuk mengurangi rasa sakit itu bisa dikombinasikan dengan bantal pemanas. Namun, berikanlah semprotan tersebut dengan jumlah yang dianjurkan. Hal ini karena semprotan itu diserap dalam aliran darah secara langsung.

 

3 dari 3 halaman

Obat-obatan

6. Penghilang rasa sakit

Obat penghilang rasa sakit harus ada di dalam kotak pertolongan pertama Anda.

7. Termometer dan obat untuk demam

Untuk menghindari obat yang tidak perlu, Anda harus mengukur dulu suhu tubuhnya. Jika dibutuhkan, obat penurun panas baru bisa digunakan.

8. Obat alergi

Banyak orang yang alergi terhadap makanan atau kondisi tertentu. Sehingga, selalu sediakan obat untuk mengurangi kondisi alergi di kotak obat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini