Sukses

6 Manfaat Berlatih Taekwondo Seperti Defia Rosmaniar, Peraih Emas di Asian Games 2018

Atlet taekwondo Defia Rosmaniar berhasil meraih emas di nomor individu poomsae putri. Berikut manfaat rutin berlatih taekwondo untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Medali emas pertama untuk Indonesia di ajang Asian Games 2018 datang dari cabang olahraga bela diri taekwondo. Atlet taekwondo Defia Rosmaniar berhasil meraih emas di nomor individu poomsae putri.

Defia Rosmaniar mengalahkan atlet dari Iran, Salahshouri Marjan dengan skor 8.690 -8.470 pada laga final Asian Games 2018 di Jakarta Convention Center, Jumat (19/8). Sebelumnya, Defia mengalahkan wakil dari Vietnam, Tuyet Van, di perempat final, dan Jihye Yun dari Korea di semifinal.

Bicara mengenai olahraga bela diri, banyak manfaat yang bisa didapat wanita bila menekuninya.

"Olahraga bela diri membantumu mempelajari cara baru yang bertenaga untuk menggunakan tubuhmu," ujar Dan Roberts, pimpinan Dan Roberts Group personal training di New York City dan London, mengutip laman Shape

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 manfaat berlatih taekwondo

Bagi kamu yang berminat mencoba berlatih bela diri seperti taekwondo, berikut sederet manfaatnya, mengutip laman fitandme, Minggu (19/8/2018):

1. Mampu melindungi diri sendiri

Salah satu aturan mendasar taekwondo adalah hanya boleh menggunakannya untuk olahraga, pertandingan, serta melindungi diri, bukan untuk tujuan menyerang.

Namun, taekwondo adalah salah satu bentukk bela diri terbaik untuk pertahanan diri. Ketika menghadapi situasi genting yang mengancam jiwa, taekwondo memungkinkanmu keluar dari kepungan musuh dengan selamat.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat lain dari berlatih taekwondo secara rutin adalah meningkatnya rasa percaya diri. Ada beragam gerakan, pola, jurus, serangan, dan lainnya dalam taekwondo.

Setiap kali mempelajari gerakan baru dan berlatih menyempurnakannya, rasa percaya diri juga otomatis meningkat. Kepuasan yang muncul saat bisa menyempurnakan gerakan baru akan membuat kita merasa lebih baik terhadap diri sendiri.

Taekwondo juga bisa meningkatkan rasa percaya diri karena membantu kita menurunkan berat badan dan mengencangkan otot. Hal itu tentunya juga membuat postur tubuh lebih baik.

3. Menyehatkan jantung

Jenis bela diri ini memang tak sepenuhnya menitikberatkan pada jantun. Tapi rutin berlatih gerakan taekwondo juga sekaligus menyehatkan jantung.

Perlu ketahanan jantung untuk bisa berlatih taekwondo selama 1 jam penuh. Dan untuk mendapatkan kemampuan itu, kamu perlu jenis latihan lain seperti running laps, circuit training, dan lompat tali. Itu semua dilakukan oleh atlet taekwondo untuk mendapatkan bentuk fisik yang baik.

Berlatih satu jam penuh di kelas taekwondo tak sama seperti olahraga lari selama satu jam. Gerakan fisik konstan saat berlatih taekwondo akan memompa jantung dan meningkatkan detaknya. Oleh sebab itu penting untuk melatih jantung lewat latihan kardio.

3 dari 3 halaman

Memperbaiki fokus

4. Memperbaiki fokus

Manfaat mental bisa didapat dengan berlatih taekwondo, salah satunya memperbaiki fokus atau konsentrasi. Latihan terus-menerus untuk menguasai sebuah gerakan menjadi yang utama dalam taekwondo. Hal itu memerlukan fokus.

5. Meningkatkan kelenturan tubuh

Berlatih taekwondo juga bisa meningkatkan kelenturan tubuh. Alasannya, sebelum dan sesudah kelas taekwondo, instruktur akan meminta kita untuk melakukan peregangan.

Stretching atau peregangan jelas sangat bermanfaat karena bisa melemaskan dan meleturkan otot. Ini membantu mempersiapkan tubuh untuk berlatih dan mengurangi risiko cedera.

Bila tubuh semakin lentur, manfaat kesehatan yang lebih besar juga bisa didapat seperti misalnya mengurangi nyeri punggung, mengurangi risiko cedera, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan lainnya.

6. Merasa lebih baik dan bahagia

Rutin berlatih taekwondo juga bisa membuatmu merasa lebih bahagia. Olahraga apa pun, termasuk taekwondo, memicu otak memproduksi serotonin, zat kimia yang memberi rasa bahagia, senang, dan ketenangan.

Rasa bahagia itulah yang membantu kita mengusir kecemasan dan depresi. Seringkali kondisi cemas dan depresi muncul karena otak tak cukup memproduksi serotonin. Taekwondo bisa membantu menyeimbangkan kodisi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.