Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Masturbasi Bikin Rambut Rontok, Apa Iya?

Banyak yang percaya masturbasi membuat rambut rontok. Cek kebenarannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa kabar yang beredar di internet, katanya masturbasi menyebabkan rambut rontok. Kabar tersebut juga mengatakan ejakulasi saat masturbasi membuat protein di sperma hilang yang berakibat pada kekuatan rambut. Benar seperti itu?

Ada juga anggapan lain, masturbasi pada pria dapat meningkatkan hormon dihydrotestosteron (DHT) yang menyebabkan kebotakan. Benarkah?

"Tidak ada korelasi ilmiah antara masturbasi dan rambut rontok," kata dokter kulit dari Advanced DermCare, Mona Gohara, dikutip dari Women's Health, Kamis (16/8/2018).

Mona menekankan, seks, masturbasi, dan ejakulasi secara umum tidak berdampak negatif pada kesehatan rambut. Masturbasi justru bermanfaat sebagai penghilang stres asal tidak berlebihan melakukannya.

Berbagai penelitian juga mengungkap, seseorang bisa tidur lebih nyenyak dan suasana hati (mood) makin membaik setelah masturbasi.

 

 

 

 

*Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab rambut rontok

Direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner mengatakan kerontokan rambut disebabkan faktor genetika dan lingkungan.

Ada juga faktor lain, seperti cara memperlakukan rambut kasar misalnya cara menguncir kencang. Cara tersebut memberi tekanan pada akar rambut dan berkontribusi pada penipisan akar rambut.

Perubahan hormon, masalah tiroid, anemia, kekurangan vitamin, stres, dan penggunaan obat-obatan tertentu bisa sebabkan rambut rontok. Dengan demikian, rambut rontok bukan dipicu masturbasi, tambah Mona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.