Sukses

3 Cara Bantu Korban Gempa Lombok dari Jauh

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu para korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat. Walau tidak bisa datang langsung membantu korban gempa, ada banyak hal yang bisa dilakukan dari tempat masing-masing untuk meringankan beban mereka yang baru saja menghadapi gempa 7 Skala Richter.

Psikolog Rukiana Hutagalung menyebutkan, paling tidak ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk membantu para korban gempa Lombok secara langsung dan tidak langsung.

1. Jangan sebarkan berita yang tidak benar

Di era media sosial seperti sekarang, ada banyak informasi yang didapat. Pastikan saat menyebarkan berita tentang gempa, maka itu bukan hoaks. "Jangan menyebarkan berita yang justru akan menambah kecemasan, baik untuk korban langsung maupun orang lain," tutur wanita yang berpraktik di RSUD Prambanan ini dalam pesan teks dengan Health-Liputan6.com pada Senin (6/8/2018).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 2 halaman

2. Jangan menyebarkan foto korban

Mungkin sudah ada yang mendapatkan foto-foto korban gempa Lombok. Namun, Uki menyarankan untuk tidak menyebarkan kembali foto tersebut. "Mereka sudah cukup menderita dan mereka bukan tontonan," ujarnya.

3. Kirim bantuan dari jauh

Beberapa pihak kini mulai mengumpulkan donasi, makanan, dan pakaian untuk para korban gempa Lombok. Ini juga merupakan bentuk partisipasi membantu mereka dari jauh.

Bagi yang sedang di sekitar Lombok, bisa juga mendonorkan darah. "Salah satu pertolongan yang sering kali dibutuhkan adalah tindakan medis, seperti operasi, dan itu butuh banyak pasokan darah," tutur wanita lulusan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Potret Memilukan Kerusakan Akibat Gempa Lombok
Artikel Selanjutnya
BNPB: Gempa Lombok Akibat Aktivitas Sesar Naik Flores