Sukses

Makanan Berserat Tinggi Lindungi Usus dari Stres

Stres bisa mengakibatkan nafsu makan meningkat. Makanan berserat dianggap bisa mengatasi hal itu

Liputan6.com, Jakarta Umumnya seseorang yang sedang mengalami stres berat akan memiliki nafsu makan yang tinggi. Meskipun begitu, ada baiknya kita tetap bisa menjaga dan memilih makanan sehat. Hal itu agar tidak memperburuk kondisi dan kesehatan tubuh.

Melansir laman Bustle, Senin (4/8/2018), ternyata mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu melindungi usus dari efek stres. Sebelumnya, penelitian menunjukkan bahwa stres dalam jangka panjang dapat berdampak negatif pada kesehatan usus dan otak.

Selain itu, stres dapat mengakibatkan risiko yang buruk bagi kesehatan hingga dapat menyebabkan gangguan dalam berperilaku dan kesehatan mental. Kecemasan dan depresi dapat memicu gangguan usus seperti iritasi pada usus. Terdapat bukti lainnya yang mengungkapkan bahwa stres pun dapat memicu gen yang menyebabkan penyakit celiac. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Dinding Usus Tetap Sehat

Studi yang ditulis para ilmuwan dan dimuat dalam The Journal of Physiology mengungkap, senyawa makanan yang terkandung dalam makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan sayuran mampu merangsang produksi asam lemak rantai pendek.

Asam lemak tersebut membantu meningkatkan ketahanan di dinding usus. Hal itu mampu mencegah dan membalikkan sindrom usus bocor yang terjadi ketika lubang mikroskopis muncul di sepanjang dinding usus akibat stres berlebih.

Makanan berserat tinggi memang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah makanan tersebut dapat menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker usus. Selain itu, makanan tersebut mampu melindungi usus dari efek stres yang dirasakan seseorang.

Dengan menjaga dinding usus tetap kuat dan utuh maka hal tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan dan penyakit yang disebabkan stres. Oleh karena itu, penting untuk seseorang mengonsumsi makanan berserat tinggi. 

Penulis: Jihan Khalda Fairuz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.