Sukses

Ibu Menyusui Sebenarnya Belum Boleh Diet

Ibu menyusui sebenarnya belum boleh diet, yang paling penting atur pola makan seimbang.

Liputan6.com, Jakarta Adakalanya setelah melahirkan, ibu menyusui ingin segera kembali ke berat badan semula seperti sebelum hamil. Diet pun menjadi hal yang direncanakan.

Menyoal diet ibu menyusui, Senior Nutrition Manager, PT Fonterra Brands Indonesia, Ines Yumahana Gulardi angkat bicara.

"Sebenarnya ibu menyusui tidak boleh diet dulu. Karena tubuh ibu kan harus punya energi buat memproduksi ASI. Yang jadi fokus itu keseimbangan variasi dan gizi makanan yang dikonsumsi," kata Ines dalam acara "Media Lunch Anmum #MumToMum dalam Rangka Pekan ASI 2018" di Fairmont Jakarta, ditulis Kamis (2/8/2018).

Kalau pun diet, bukan dimaknai dengan cara mengurangi porsi makan. Pemikiran (mindset) ibu menyusui untuk diet bukan pula ingin cepat turun berat badan.

"Makan yang seimbang yang penting. Nanti berat badan juga turun secara alami," Ines melanjutkan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pola makan seimbang

Pola makan seimbang yang disarankan Ines, yakni ketercukupan karbohidrat (nasi, roti), protein (kacang-kacangan, susu, telur), sayuran, dan buah-buahan. Ibu menyusui juga perlu banyak minum air putih.

"Saat menyusui biasanya haus banget. Jadi, saya sih senang kalau ada yang kasih air putih saat saya menyusui," ungkap Ines.

Ketercukupan asupan makan tersebut agar ibu tetap berenergi ngurus. Camilan sehat juga bisa menjadi selingan makanan ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.