Sukses

Efek Makan 1 Jeruk Setiap Hari Akan Terasa Setelah 15 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Kamu tentu pernah dengar, konsumsi satu butir apel sehari bisa mencegah penyakit mendekat. Kini, sebuah studi mengungkap ada satu buah lain, yakni jeruk, bisa memberi manfaat sehat bagi mata bila dikonsumsi satu setiap hari.

Risiko penurunan indra penglihatan atau macular degeneration bisa berkurang hingga 60 persen bila seseorang rutin makan satu buah jeruk per hari. Risiko tersebut bisa dihindari 15 tahun kemudian. Kandungan flavonoid dalam jeruk bisa mencegah menurunnya daya penglihatan.

"Pada dasarnya kami menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi setidaknya sebuah jeruk setiap hari bisa menurunkan risiko pengembangan degenerasi makular dibandingkan merka yang tidak mengonsumsinya setiap hari," ujar peneliti utama, Bamini Gopinath dari University of Sydney, melansir laman The Healthsite, Senin (16/7/2018). 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Konsumsi setiap minggu

Flavanoid adalah antioksidan tinggi yang bisa ditemukan pada hampir semua buah dan sayuran. Kemampuan antiperadangan dari flavanoid bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Bahkan hanya mengonsumsi sebuah jeruk seminggu sekali pun juga memberi manfaat yang signifikan," tambah Gopinath.

Studi yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition ini melibatkan 2.000 orang berusia lebih dari 50 dan dilakukan selama lebih dari 15 tahun. Semula riset ini berfokus pada efek nutrisi umum seperti vitamin C, E, dan A pada mata.

Bertambahnya usia menjadi faktor risiko terbesar penurunan daya penglihatan. Kondisi ini terutama muncul setelah seseorang berusia lewat dari 50 tahun. Saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkannya.