Sukses

Manfaat Kopi Hitam, Kopi Hijau, Serta Kopi Pahit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jakarta Tak cuma di Indonesia, kopi adalah salah satu pilihan minuman yang digemari banyak orang di dunia. Kita beruntung untuk tinggal di Indonesia karena di tanah air biji kopi tumbuh menjadi beragam jenis dan aroma yang diakui kualitasnya di seluruh dunia.

Kopi sendiri terkenal dengan kandungan kafeinnya. Ya, kafein memang sangat bermanfaat untuk tubuh, namun perlu diingat, takaran kafein yang masuk ke dalam tubuh hendaknya tetap di jaga agar tidak terlalu banyak. Jika takaran kafein yang masuk dalam tubuh sesuai, maka hal itu akan dapat menambah energi dan juga stamina. Stamina yang dihasilkan oleh kafein itulah yang membuat Anda tetap terjaga. Sehingga banyak sekali orang yang percaya bahwa kopi dapat menghilangkan kantuk.

Akan tetapi, manfaat kopi ternyata sangat banyak. Mari kita bahas satu-persatu berdasarkan data yang dirangkum Liputan6.com pada Sabtu (14/7/2018) dari berbagai sumber berikut ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat kopi hitam

Manfaat kopi hitam banyak sekali. Mulai dari dapat menghilangkan depresi, mengatasi diabetes, diet, dan lain sebagainya. Kita akan membahasnya di sini.

1. Mencegah depresi

Manfaat kopi hitam salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya depresi dengan menenangkan pikiran dan membuat semua terasa lebih santai. Depresi biasanya disebabkan karena tidak berjalannya suatu harapan sesuai dengan kenyataan yang ada. Bentuk dari kekecewaan tersebut dapat menjadikan depresi yang berlangsung lama ataupun sebentar saja tergantung daya tahan individu.

2. Memperlancar metabolisme tubuh

Agar metabolisme tubuh menjadi lancar dan kinerja organ terjaga, kopi hitam dapat memberikan manfaat tersebut. Manfaat kopi hitam yang satu ini cukup menjanjikan karena sudah memiliki banyak bukti.

3. Meningkatkan daya ingat

Manfaat kopi selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya ingat terhadap sesuatu. Seiring dengan pertambahan usia semua orang akan mengalami kemunduran daya ingat. Untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi lebih awal baiknya rajin mengonsumsi kopi hitam. Kopi hitam ini berfungsi untuk meningkatkan daya ingat. Sehingga tidak hanya cocok untuk dikonsumsi oleh orang dewasa namun anak anak dalam usia pertumbuhan juga dibolehkan untuk mengonsumsi kopi hitam ini. Namun tetap ingat untuk selalu mengonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang cukup dan tidak boleh berlebihan.

4. Meredakan sakit kepala

Anda tidak akan percaya saat membaca ini. Tapi percayalah bahwa salah satu manfaat kopi hitam adalah mengatasi sakit kepala. Kopi hitam dapat menenangkan pikiran sehingga menjadi aman. Namun ingat untuk tidak mengonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang berlebih. Konsumsilah sebatas yang anda butuhkan saja.

5. Diabetes

Jika Anda mengonsumsi kopi hitam secara teratur, manfaat kopi akan terasa sebagai pencegah diabetes. Sebagaimana yang kita tahu, penyakit diabetes disebabkan karena berkurangnya kemampuan hormon insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah. Diabetes dapat disebabkan karena faktor genetik dan juga pola hidup yang tidak sehat jadi untuk mencegah diabetes perlu menerapkan pola hidup sehat seperti gemar mengonsumsi sayuran dan buah buahan serta rajin berolahraga.

3 dari 8 halaman

6. Mencegah kanker kulit

Tahukah Anda bahwa kopi hitam mampu mencegah terjadinya kanker kulit? Ya, jika Anda masih ragu, ini saat yang tepat untuk menjelaskannya. Orang yang minum sedikitnya empat gelas kopi sehari memiliki risiko 20% lebih rendah terserang kanker kulit melanoma (jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin) dibandingkan bukan peminum kopi. Tentu saja bukan berarti kita hanya harus minum kopi setiap harinya untuk terhindar dari kanker kulit, ya.

Kafein yang terkandung di dalam kopi diyakini bisa bermanfaat membantu menekan sel-sel tubuh yang berpotensi menjadi kanker saat terkena matahari. Selain itu, zat yang terkandung di dalam kopi juga diklaim bisa menangkis stres oksidatif pada kulit. Stres yang dimaksud adalah kondisi di mana kulit tubuh mengalami stres akibat terlalu banyak terpapar sinar UV, seperti kulit memerah, muncul bintik-bintik hitam, terbakar, kerusakan DNA, hingga penuaan dini.

7. Kandungan alami antioksidan

Antioksidan merupakan zat alami yang di produksi langsung oleh tubuh dari dalam. Namun terkadang jumlah antioksidan tidak mencukupi sehingga diperlukan tambahan dari luar tubuh seperti mengonsumsi buah buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan alami. Antioksidan memiliki fungsi untuk menangkal serangan radikal bebas yang membuat penuaan dini pada kulit. Adapun sumber antioksidan alami selain dari buah adalah dengan mengonsumsi kopi hitam.

8. Memperlancar diet

Siapa sangka ternyata kopi hitam juga baik untuk diet anda. Bagi wanita memiliki berat badan yang ideal merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri dalam hidup. Berat yang ideal membuat anda tampil lebih percaya diri untuk mengambil peran di depan publik. Tidak usah repot repot dengan mengonsumsi berbagai obat diet karena dengan mengonsumsi kopi hitam dapat membantu anda menurunkan berat badan.

9. Mencegah penyakit jantung

Kopi hitam ternyata juga baik untuk mencegah penyakit jantung. Jantung merupakan salah satu organ yang berfungsi untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh. Sehingga setiap organ tubuh mendapat bagian untuk dapat melaksanakan tugasnya secara baik.

4 dari 8 halaman

Manfaat kopi pahit

Manfaat kopi pahit ternyata sangat banyak dan lebih menakjubkan dari yang kita bayangkan. Minum kopi pahit bukan berarti minum tanpa gula, namun bisa juga berarti minum kopi dengan gula yang sedikit.

Karena ada banyak cara orang minum kopi, mulai dari dicampur susu, latte, atau gula. Yang kita bahas saat ini adalah manfaat dari kopi pahit yang cenderung diminum orang dengan sedikit sekali gula atau bahkan tanpa gula sekali pun.

Berikut ini adalah manfaat kopi pahit dari segi kesehatan.

1. Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognitif pada Lansia

Wanita dan pria yang sering minum kopi pahit tanpa gula juga bisa memiliki saraf motorik dan sensorik yang sangat bagus. Penurunan fungsi saraf biasanya terjadi pada orang tua dan bisa menurunkan kemampuan aktivitas orang tua. Namun konsumsi kopi hitam secara teratur telah terbukti mengurangi semua jenis resiko penuaan yang berhubungan dengan saraf.

Bahkan hal ini telah dibuktikan oleh seorang ahli nutrisi dan diet yang bernama Joan Salge Blake dan penelitian tersebut pernah ditulis dalam American Journal of Epidemiology (edisi tahun 2002).

2. Mengurangi Potensi Diabetes

Manfaat kopi pahit tanpa gula memang salah satu minuman yang sangat bagus dalam mengurangi potensi kenaikan kadar gula dalam darah. Kopi juga berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme sehingga membuat produksi hormon insulin bisa dilakukan sesuai kebutuhan tubuh.

Orang yang bisa mengonsumsi kopi hitam secara rutin bisa meningkatkan produksi insulin dan menyeimbangkan hormon yang mengatur produksi insulin.

3. Mendukung Kesehatan Tulang

Kekurangan kalsium menjadi salah satu hal yang paling sering menyebabkan penyakit tulang. Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang tua terutama wanita yang sudah mengalami menopause. Hal ini disebabkan karena masa kalsium dalam tubuh tidak bisa diserap oleh tulang dengan baik.

Kalsium yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah semua jenis keluhan pada tulang baik untuk wanita dan pria

4. Meningkatkan Produktivitas

Kopi memang bahan yang sangat baik untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh dan bisa meningkatkan produktifitas. Kafein juga bisa mengirimkan efek stimulan pada saraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.

5 dari 8 halaman

Manfaat kopi untuk kulit wajah

Selain memberikan efek yang menakjubkan untuk kesehatan. Manfaat kopi juga bisa dirasakan oleh wanita yang ingin memiliki kulit wajah yang indah. Ya, kopi memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit wajah. Apa saja?

1. Mengecilkan pori-pori wajah

Tekstur wajah yang tidak halus biasanya disebabkan karena pori-pori terlalu besar. Apabila kita rutin menggunakan kopi sebagai masker maka lambat laun pori-pori di wajah kita akan semakin mengecil dan wajah akan halus.

2. Mengatasi wajah berminyak

Wajah yang berminyak akan rentan dengan jerawat. Selain itu, wajah berminyak terlihat lebih kusam dan menyebabkan banyak kotoran mudah menempel pada wajah. Masker kopi dapat mengatasi wajah berminyak ini sehingga wajah lebih lembap apabila dilakukan maskeran secara rutin. Inilah manfaat kopi untuk wajah berminyak.

3. Mengatasi wajah kusam

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu kopi dapat mengangkat kulit mati di wajah sehingga wajah akan terlihat lebih cerah jika masker digunakan secara teratur. Masker kopi juga akan membuat wajah menjadi lebih segar.

4. Melembutkan dan menghaluskan kulit

Kopi dapat digunakan sebagai scrub sehingga membuat kulit lebih halus. Tak semua wajah memiliki tekstur kulit yang halus sehingga kita dapat menggunakan kopi sebagai solusi terbaiknya.

5. Mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat

Jerawat adalah masalah utama bagi para wanita. Selain mengganggu penampilan, terkadang jerawat menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, jerawat sangat dihindari oleh semua orang. Ketika jerawat muncul, sebagian besar orang akan memecahkan jerawat tersebut karena ingin segera menghilangkannya. Tapi hal ini justru akan meninggalkan bekas noda pada wajah. Bahkan jika kita tidak menggunakan cara yang tepat, noda tersebut tidak akan hilang. Oleh karena itu, penggunaan masker kopi dapat menghilangkan bekas jerawat tanpa efek samping.

6 dari 8 halaman

6. Menghilangkan komedo

Komedo biasanya muncul di sekitar hidung. Apabila komedo tidak segera dihilangkan, maka akan berubah menjadi komedo hitam dan pada akhirnya akan susah untuk dihilangkan. Masker kopi dapat mencegah adanya komedo bahkan masker kopi dapat menghilangkan komedo pada hidung. Cukup dengan meletakkan masker kopi pada bagian hidung akan membuat komedo terangkat dan hidung menjadi bersih.

Manfaat kopi jahe

Manfaat kopi jahe ternyata tidak sekadar memberikan rasa hangat di tubuh. Melainkan lebih dari itu. Dengan menambahkan jahe atau kayu manis pada kopi akan memberikan manfaat yang luar biasa ketimbang kopi dan gula.

Ada begitu banyak senyawa yang berguna dalam jahe dan kayu manis, dan bahkan sangat dianjurkan untuk di minum setelah latihan fisik berat untuk meredakan keluhan sakit otot dan kelelahan.

Minum jahe tanpa campuran apapun juga dapat menghangatkan tubuh pada musim dingin dan sebagai obat flu, masuk angin, mengurangi pertumbuhan kanker hingga asma dan lain-lain sebagainya.

Jahe mengandung beberapa senyawa gingerol, shogaol, flavonoid, saponin, zingerone dan senyawa lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan dan pencegahan penyakit.

Minum kopi atau teh jahe lebih efektif dalam mengatasi masalah nyeri otot. Tambahkan beberapa potong jahe atau kayu manis ke dalam kopi atau teh dan rasakan nikmatnya. Flavonoid dan saponin dalam jahe merupakan senyawa yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kedua senyawa itu berperan sebagai agen anti-inflamasi, antijamur, anti-kanker, hingga menguatkan sistem imun tubuh.

Perlu dicatat bahwa jangan rebus jahe dengan suhu mendidih yang mendekati 100 derajat celcius sebab bila lebih, maka senyawa yang berguna dalam jahe menjadi tidak bermanfaat atau menjadi sia-sia untuk kesehatan tubuh Anda.

Lebih lengkap lagi manfaat Kopi jahe adalah sebagai berikut:

  • Memperlancar peredaran darah
  • Mengatasi perut kembung
  • Mengobati migrain
  • Meredakan demam dan batuk
  • Obat mabuk di perjalanan
  • Anti alergi
  • Mengobati morning sickness
  • Menangkal radikal bebas
  • Mengatasi peradangan
  • Obat arthritis

Manfaat kopi hitam bagi pria dan wanita

Tidak ada yang menyangka bahwa ternyata manfaat kopi bisa dirasakan secara berbeda berdasarkan pria dan wanita. Dengan kata lain, manfaat kopi bagi pria dan wanita berbeda.

Kali ini kita akan membahasnya secara rinci. Berikut ini adalah manfaat kopi hitam bagi pria dan wanita.

7 dari 8 halaman

Manfaat kopi hitam bagi pria

Manfaat kopi hitam akan lebih terasa bagi pria jika dikonsumsi dengan benar dan takaran yang sesuai. Ingat, jangan sampai berlebihan. Ada banyak pendapat mengenai takaran yang benar dalam sehari orang harus minum kopi hitam. Namun yang paling masuk akal adalah 2 cangkir per hari. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat kopi hitam seperti di bawah ini.

  • Meningkatkan memori
  • Meningkatkan kinerja selama olahraga
  • Bermanfaat untuk hati
  • Meningkatkan kecerdasan
  • Membersihkan perut
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  • Sumber antioksidan
  • Mengurangi risiko diabetes
  • Mengurangi risiko kanker
  • Mengurangi stres dan depresi
  • Melindungi dari penyakit asam urat

 

Manfaat kopi hitam bagi wanita

Sementara itu, manfaat kopi hitam bagi wanita juga berbeda. Ada pun manfaat bagi wanita dari meminum kopi dengan takaran yang sesuai adalah sebagai berikut.

  • Menghindari stres dan rasa depresi
  • Menjaga kesehatan hati
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menangkal kanker kulit
  • Mengatasi risiko diabetes tipe II
  • Sumber antioksidan

Namun perlu diingat bahwa untuk wanita sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi hitam. Pasalnya kopi dapat menimbulkan efek kecanduan, sehingga membuat orang yang mengonsumsi kopi selalu ingin mengonsumsinya lagi dan lagi. Padahal apabila konsumsi kopi melebihi jatah normal, maka bagi wanita kopi dapat menimbulkan kerusakan dan menimbulkan gangguan kesehatan. Bahkan konsumsi yang terlalu banyak dapat mengurangi kesuburan bagi wanita dan apabila dilanjutkan dapat menjadikan wanita mandul. Selain beberapa bahaya tersebut, kopi juga dapat menimbulkan gangguan lain seperti insomnia, gugup tremor, mual, jantung berdebar dan rasa kegelisahan.

8 dari 8 halaman

Manfaat kopi hijau

Kopi hijau adalah biji kopi dari buah coffee yang belum dipanggang. Karena proses pemanggangan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa (biji kopi panggang).

Diduga, asam klorogenat ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Mulai dari obat obesitas, diabetes, hipertensi, Alzheimer, bahkan sampai infeksi bakteri.

Berikut ini adalah manfaat kopi hijau:

1. Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine, suplemen harian ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan, serta komposisi lemak di hati pada tikus. Pada penelitian tersebut terlihat kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama untuk menurunkan berat badan. Asam klorogenat yang terdapat pada biji kopi yang belum dipanggang dapat dicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Selain fungsinya untuk menurunkan berat badan, asam klorogenat pada kopi hijau juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari menunjukkan penurunan tekanan darah. Selama ini, belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga minuman ini dapat kita sebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan mood dan kinerja kognitif

Kafein yang ada dalam kopi hijau memiliki efek yang positif pada suasana hati dan juga pada aktivitas otak Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa studi telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif.

4. Kandungan antioksidan

Salah satu kandungan kopi adalah antioksidan yang dapat megurangi efek radikan bebas yang merusak sel tubuh kita. Jadi dengan minum kopi secara cukup, sebenarnya kopi itu menyehatkan.

Selain itu berdasar hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, salah satu jenis antioksidan yang ada dalam biji kopi terutama kopi hijau, secara nyata dapat mencegah perkembangan beberapa jenis sel kanker.

Artikel Selanjutnya
Deretan Kelebihan Android Marshmallow dan Perbandingannya dengan OS Lain
Artikel Selanjutnya
11 Cara Menghaluskan Wajah dan Membuatnya Bersinar Sekaligus