Sukses

14 Cara Menebalkan Rambut yang Bisa Dicoba Pria dan Wanita

Jakarta Rambut yang tebal dan sehat merupakan idaman pria dan wanita. Sebabnya rambut merupakan mahkota yang bisa membuat penampilan jadi maksimal. Masalahnya, tak semua orang dikaruniai rambut yang tebal. Ada yang lahir dengan rambut tipis, ada pula yang menderita kerontokan hingga rambutnya menjadi botak.

Tipisnya rambut atau kebotakan pada rambut bisa terjadi karena rambut rontok yang tak kunjung usai. Normalnya jumlah rambut yang rontok adalah 100 helai. Namun jika lebih dari itu, maka Anda patut waspada. Kerontokan atau penipisan yang terjadi pada rambut Anda bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti penjelasan berikut ini:

 

2 dari 5 halaman

Pemilihan Sampo

Penyebab kerontokan rambut yang mengakibatkan sulit menebalkan rambut dan seringkali tidak Anda sadari adalah pemilihan sampo yang kurang tepat. Karena tidak semua sampo mampu membantu menutrisi rambut dan kulit kepala, sehingga rambut menjadi kurang kuat dan mudah rontok.

Sampo yang patut Anda coba karena mampu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut dan kulit kepala adalah Pantene Shampo Perawatan Rambut Rontok. Sampo ini juga mengandung teknologi Keratin Damage Blockers yang mampu memperkuat rambut dari akar sampai ke ujung rambut serta mencegah kerusakan akibat rambut patah. Dengan begitu, rambut rontok bisa berkurang hingga 98% dengan pemakaian teratur.

Stres

Ketika Anda mengalami stres baik pada perempuan maupun laki-laki, hal ini akan mengganggu keseimbangan hormon Anda. Karena itulah kerontokan bisa disebabkan oleh stres

Perubahan hormon

Kerontokan rambut karena adanya perubahan hormon disebut sebagai alopesia androgenik. Kerontokan yang terjadi karena perubahan hormon ini biasa mengenai laki-laki yang berusia 50 tahun ke atas dan pada perempuan yang sudah melewati masa menopause.

Pengaruh atau kekurangan gizi

Tidak memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menyebabkan keseimbangan gizi dalam tubuh terganggu sehingga menyebabkan kerontokan.

Zat kimia

Anda merupakan orang yang sering pergi ke salon untuk meluruskan, mengriting, atau mewarnai rambut? Semakin sering rambut Anda terpapar bahan kimia maka risiko kerontokan akan lebih besar hal ini dikarenakan batang rambut menjadi rentan untuk patah.

Efek samping obat

Anda sedang dalam keadaan di mana harus mengonsumsi obat secara rutin? Bisa saja obat yang Anda konsumsi menyebabkan kerontokan yang sedang alami ini.

Penyakit kulit tertentu

Ada beberapa penyakit kulit atau penyakit autoimun yang bisa membuat rambut jadi rontok. Contohnya adalah penyakit kulit lichen planus, sarkoidosis, dan lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE).

Merokok

Zat nikotin yang terkandung pada rokok dapat mempersempit pembuluh darah. Sehingga aliran darah yang membawa asupan nutrisi pada rambut jadi terganggu.

Minum minuman beralkohol

Minuman beralkohol akan menyerap zat besi dalam tubuh sehingga menghambat penyerapan zinc. Alkohol juga dapat mengganggu tubuh untuk menyerap nutrisi penting serta menyebabkan dehidrasi. Hal ini akan membuat rambut menjadi mudah patah karena nutrisi rambut yang hilang

Setelah mengetahui beberapa faktor yang membuat rambut jadi rontok, berikut adalah cara menebalkan rambut yang menipis seperti yang dirangkum Liputan6.com.

3 dari 5 halaman

Cara menebalkan rambut

1. Lidah buaya

Cara menebalkan rambut dengan lidah buaya sudah menjadi rahasia umum dan memang sudah dipratekkan sejak dahulu. Aloe vera sebutannya, banyak menjadi kandungan yang ada dalam sampo yang dijual di pasaran.Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat seperti menebalkan rambut, menyuburkan rambut, menghitamkan rambut, penghilang ketombe, memutihkan wajah, memutihkan kulit, dan menyembuhkan luka karena mengandung banyak zat yang penting untuk menunjang kesuburan rambut seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Untuk menebalkan rambut dengan lidah buaya, caranya pun mudah. Anda hanya perlu mengambil satu tangkai lidah buaya, lalu belah menjadi dua secara horizontal, usapkan gel yang ada di tengah-tengah pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan mencuci rambut. Gunakan setiap sebelum keramas atau dua hari sekali.

2. Minyak kemiri

Cara menebalkan rambut dengan kemiri atau minyak kemiri juga sudah sejak lama diterapkan. Kemiri memang merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan seperti sebagai cara menebalkan rambut dan membuat rambut menjadi sehat dan berkilau.

Zat aponin, falvonoida, dan polifenol yang terkandung dalam kemiri telah dibuktikan dalam banyak penelitian memiliki arti besar bagi kesehatan. Anda bisa menggunakan kemiri sebagai cara menebalkan rambut melalui 2 cara. Pertama adalah dengan menumbuk halus kemiri lalu oleskan pada kulit kepala selama 30 menit atau cara kedua dengan menggunakan minyak kemiri yang juga dioleskan pada kulit kepala selama 30 menit.

4 dari 5 halaman

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan bagi tubuh yaitu vitamin A, C, D, E, K, asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam stearate, lignoserat, polifenol, asam oleat, pottasium, asam lemak esensial, zat besi, dan juga kalsium. Kandungan bermanfaat inilah yang dapat menjadi alasan mengapa minyak zaitun dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut.

Cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun mudah saja. Oleskan minyak pada kulit kepala setiap sebelum keramas.

4. Minyak kelapa

Kabar yang mengatakan bahwa minyak kelapa merupakan sumber lemak jahat dan dapat meningkatkan kadar kolesterol ternyata hoax belaka. Yang dibicarakan kali ini tentu saja bukan minyak kelapa goreng melainkan minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni atau lebih dikenal dengan virgin coconut oil adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga menghasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna kuning, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama. Oleskan minyak kelapa murni pada kulit kelapa setiap sebelum keramas.

5. Santan

Aneh memang jika ternyata santan juga bisa digunakan sebagai cara menebalkan rambut. Tapi percaya tidak percaya, santan sangat bermanfaat dan efektif sebagai cara menebalkan rambut. Santan mengandung lemak tak jenuh, gula, kalsium, protein, natrium, kalium, fosfor, zat besi, dan tembaga. Kandungan inilah yang membuat santan menjadi cara menebalkan rambut yang efektif.

6. Teh Hijau

Tidak hanya untuk diminum saja, teh hijau juga dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut yang efektif. Kandungan yang ada pada teh hijau antara lain zat antioksidan, polifenol, fluoride, vitamin C, mangan, L-teanin, dan katekin Caranya adalah dengan mendiamkan selama 15 menit seduhan daun teh hijau lalu oleskan pada kulit kepala.

7. Putih Telur

Meski amis, tapi putih telur bisa digunakan sebagai cara menebalkan rambut juga. Untuk mengurangi bau amisnya, campurkan putih telur dengan air perasan jeruk nipis lalu oleskan pada kulit kepala.

5 dari 5 halaman

8. Madu

Pernahkah Anda temui pada merk shampoo yang menggunakan madu sebagai bahannya? Madu memang dipercaya memiliki khasiat yang berguna untuk menebalkan rambut. Oleskan madu pada rambut secara merata seperti menggunakan masker rambut. Biarkan selama 30 menit lalu bilas.

9. Seledri

Ternyata kandungan terbanyak pada seledri adalah air yang bahkan mencapai 93 persen total berat seledri. Seledri juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin C, serat, kalium, zat besi, dan fosfor. Haluskan seledri lalu oleskan merata pada rambut.

10. Avokad dan pisang

Avokad dan pisang merupakan buah-buahan yang kaya akan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kemilau rambut. Haluskan ke dua bahan tersebut lalu oleskan pada rambut secara merata seperti ketika mengaplikasikan masker rambut.

11. Jeruk

Jeruk juga dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut. Caranya adalah dengan membelah jeruk lalu oleskan pada kulit kepala.

12. Cukupi kebutuhan gizi

Agar produksi hormon rambut tidak terganggu, konsumsilah makanan yang memang baik untuk kesehatan seperti sayuran dan buah-buah agar kebutuhan gizi tubuh tercukupi.

13. Cukupi kebutuhan vitamin A

Cukupi kebutuhan vitamin A harian Anda agar kebutuhan nutrisi dalam tubuh tercukupi sehingga rambut tidak akan mengalami kerontokan parah. Bisa dengan menggunakan vitamin rambut yang banyak mengandung vitamin A atau mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti wortel dan apel.

14. Memakai sampo yang tepat

Cara menebalkan rambut yang terakhir tentu saja dengan memakai sampo yang tepat. Sebab pemakaian sampo yang tidak cocok bisa membuat rambut jadi rontok.

Kerontokan rambut jadi awal kebotakan. Oleh karena itu jika Anda sedang menderita kerontokan dan ingin menebalkan rambut, cobalah cara di atas.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Buat Email dan Daftar Akun Gmail Lewat HP Android
Artikel Selanjutnya
10 Cara Membuat Anak Kembar Idaman Setiap Pasangan