Sukses

11 Fakta Mengejutkan tentang Mahathir Mohamad (2)

Intip fakta mengejutkan dari sosok Mahathir Mohamad, yang baru saja terpilih kembali sebagai perdana menteri dalam pemilu Malaysia.

 

Liputan6.com, Jakarta Sosok Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad kini menjadi sorotan publik Tanah Air. Ia melakukan kunjungan pertamanya ke Indonesia setelah terpilih kembali sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-7.

Mahathir Mohamad bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada hari ini, Jumat, 29 Juni 2018. Mahathir yang berusia 92 tahun punya sederet fakta mengejutkan.

Sebagaimana dilansir laman World of Buzz, Jumat (29/6/2018), ada beberapa fakta mengejutkan tentang Mahathir Mohamad.

7. Mahathir pernah memegang beberapa posisi di pemerintahan

Perjalanan karier Mahathir cukup panjang dan terkenal dalam dunia politik. Ia pernah menduduki beberapa posisi di pemerintahan.

Ia pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Deputi Perdana Menteri Perdagangan dan Perindustrian, Menteri Pertahanan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, dan Perdana Menteri Malaysia.

8. Dia adalah mentor dari mantan PM Najib Razak dan Anwar Ibrahim

Mantan Perdana Menteri Najib Razak dan Anwar Ibrahim pernah dibimbing Mahathir. Mahathir Mohamad menjadi mentor bagi pemimpin negara.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernah diusung dua partai

9. Dia adalah Perdana Menteri Malaysia pertama yang pernah diusung dua partai

Mahathir pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-4 yang diusung Partai Malaysia National Organisation (UMNO) UMNO. Kini, Mahathir yang menjabat Perdana Menteri Malaysia ke-7 dalam satu barisan aliansi oposisi Pakatan Harapan (PH).

10. Dia dianggap sebagai salah satu 'pengawal terakhir' di Asia

Bersama Lee Kuan Yew dari Singapura dan Soeharto dari Indonesia, Mahathir dianggap sebagai salah satu "pengawal terakhir" dari generasi politikus yang telah memimpin Asia.

Seorang pemimpin yang membangun negaranya menuju kemakmuran secara ekonomi di bawah kepemimpinannya.

3 dari 3 halaman

Ikuti pemilu paling mencekam

11. Dia telah berpartisipasi dalam salah satu pemilihan Malaysia yang paling mencekam

Mencekam di sini berarti dipenuhi dengan banyak drama. Selama berminggu-minggu dan berhari-hari menjelang Pemilu Malaysia GE14 2018.

Masyarakat Malaysia menjadi saksi atas undang-undang baru yang mengubah batas-batas pemilihan, hukum berita palsu yang dapat menghambat kebebasan berbicara, dan dugaan kejahatan pemilu.

Demam pemilu pun melanda rakyat. Pemilu Malaysia GE14 pada Mei 2018 menjadi salah satu pemilu paling dramatis dalam sejarah Malaysia. Hasilnya tentu saja mengejutkan. Mahathir menang dan mayoritas rakyat bergembira.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.