Sukses

Tangani Demam Bisa di Rumah, Begini 4 Caranya

Liputan6.com, Jakarta Saat mengalami demam, kebanyakan orang malas untuk ke rumah sakit. mereka beranggapan, obat warung cukup ampuh meredakan demam agar tidak semakin parah.

Jika demam yang Anda alami bukanlah demam yang membahayakan, maka penanganan demam dapat Anda lakukan di rumah. Tujuan penanganan demamnya sendiri adalah untuk membuat diri Anda merasa nyaman.

Lakukan empat langkah ini untuk menangani demam di rumah:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tangani Demam di Rumah

1. Mengonsumsi obat penurun panas, dapat berupa parasetamol atau ibuprofen yang dijual bebas.

2. Perbanyak minum air putih, teh, atau kuah sup untuk memastikan kebutuhan cairan Anda tercukupi.

Tanda pasti bahwa Anda telah mengonsumsi air yang cukup adalah air seni berwarna jernih dan Anda buang air kecil minimal empat jam sekali.

3. Mandi dengan air hangat juga dapat membantu menurunkan demam dan menciptakan rasa nyaman.

4. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu tebal karena jenis pakaian tersebut dapat mengakibatkan panas tertahan dalam tubuh, sehingga suhu tubuh malah bisa makin meningkat. Sebaiknya pakai pakaian yang tidak terlalu tebal dengan bahan yang nyaman seperti katun.

Nah, dengan mengetahui tanda demam yang berbahaya dan yang tidak berbahaya, Anda diharapkan dapat melakukan langkah-langkah penanganan yang tepat saat Anda atau keluarga mengalami demam. Ingat, jangan buru-buru panik, ya!

Penulis : dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid / Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.