Sukses

Ketahui Gejala Pembekuan Darah Setelah Naik Pesawat

Lindsey berbagi informasi, gejala pembekuan darah yang dapat terjadi setelah naik pesawat, yang dipicu duduk berjam-jam di dalam pesawat.

Liputan6.com, Amerika Serikat Seorang penulis travel Lindsey Campbell (29) harus mengalami pembekuan darah. Gumpalan darah yang terbentuk pada betis menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Bahkan membuat ia harus berjalan terpincang-pincang.

Kejadian tersebut dialaminya setelah naik pesawat tujuan Islandia Keflavík International Airport (KEF) menuju New York City (JFK) pada Senin, 21 Mei 2018. Penerbangan pun selama enam jam.

Kondisi pembekuan darah yang dialami wanita asal Amerika Serikat ini bernama deep vein thrombosis atau DVT, yang mana kaki tidak bisa digerakkan selama berjam-jam.

Seperti dikutip dari Vitals Lifehacker, Kamis (21/6/2018), Lindsey membeberkan gejala pembekuan darah. Informasi tersebut ia peroleh dari dokter yang menanganinya.

Gejala berupa pembengkakan di kaki bagian bawah, kram atau nyeri di kaki bagian bawah, kemerahan atau memar, dan area yang bengkak terasa hangat bila disentuh.

Biasanya gejala ada gumpalan darah hanya terjadi pada satu kaki. Jika gumpalan darah terjadi pada dua kaki, maka gejala lebih parah di satu sisi kaki daripada kaki yang lain.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganggu pernapasan

Lindsey menambahkan, pada tahap yang lebih buruk, gumpalan darah beku dapat pecah dan bergerak ke paru-paru. Kondisi ini dapat mengganggu pernapasan.

Gejalanya meliputi sesak napas, nyeri pada pernapasan, yang biasanya digambarkan sebagai rasa nyeri yang menusuk, dan detak jantung yang cepat.

Gumpalan darah yang dialami Lindsey mungkin berasal dari penerbangan selama enam jam. Ia lebih banyak menghabiskan seluruh waktu di pesawat dengan tidur dengan kaki disilangkan.

3 dari 3 halaman

Kurangi risiko

Orang-orang yang paling berisiko mengalami gumpalan darah, yakni perokok, minum pil KB, hamil, dan kegemukan. Obat bantu mencegah gumpalan darah, seperti obat pengencer darah.

Anda dapat mengurangi risiko dengan bergerak selama di pesawat, lanjut Lindsey. Misal, menggerakkan kaki atau pergi ke toilet pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.