Sukses

Trik Bebas Pegal Saat Mudik Naik Pesawat Berjam-jam

Duduk di pesawat berjam-jam bisa bikin badan pegal. Ini tips pakar agar sendi dan otot tak kaku selama naik pesawat.

Liputan6.com, Jakarta Mudik ke kampung halaman naik pesawat memang lebih cepat dibandingkan moda transportasi lainnya. Namun, saat di pesawat mau tak mau hanya duduk berjam-jam dengan ruang terbatas yang berpotensi membuat badan pegal. Adakah solusi untuk mengurangi ketidaknyamanan ini?

Menurut terapis Amanda Brick, mudik dengan naik pesawat berjam-jam memang bisa membuat otot dan sendi kaku. Apalagi jika Anda menempuh perjalanan udara lebih dari dua jam.

Bila ingin lebih nyaman saat mudik naik pesawat, pastikan cara duduk Anda tepat. Amanda menyarankan saat duduk pastikan pinggul dan punggung kursi menempel. Lalu, selipkan kain atau selimut di bagian bawah punggung.

"Letakkan kain atau selimut di bagian punggung. Hal ini akan membantu menjaga postur Anda tetap baik selama penerbangan," kata Amanda mengutip laman Bustle, Senin (11/6/2018).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempatkan berdiri

Brick juga menyarankan untuk tidak hanya duduk selama di penerbangan tiga atau empat jam bahkan lebih. Sesekali lakukan peregangan di dalam pesawat.

Jika tanda sabuk pengaman boleh dilepaskan, sempatkan untuk berdiri. "Berdirilah sebentar, sekitar semenit untuk meregangkan kaki, pinggul dan punggung. Lalu, angkatlah sebentar tumit Anda," pesan Amanda.

"Saat berdiri, goyangkan bahu agar lebih rileks," pesannya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.