Sukses

Angka Bunuh Diri di AS Meningkat di 49 Negara Bagian

Angka kematian yang diakibatkan karena bunuh diri di Amerika Serikat terus meningkat setiap tahunnya

Liputan6.com, Jakarta Tingkat kematian akibat bunuh diri di Amerika Serikat meningkat. Hal ini dilaporkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Angka bunuh diri ini tak hanya meningkat di satu atau dua negara bagian saja, melainkan di seluruh negara bagian di negeri Paman Sam tersebut. Laporan CDC mengungkapkan, sejak tahun 1999 hingga 2016, angka bunuh diri meningkat di 49 negara bagian. 25 persen negara bagian mengalami peningkatan hampir 30 persen.

Melansir Live Science pada Minggu (10/6/2018), hampir 45 ribu orang meninggal karena bunuh diri pada 2016. Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pembunuhan.

"Bunuh diri adalah sebuah tragedi bagi keluarga dan komunitas di seluruh negeri," ujar wakil direktur utama CDC, Dr. Anne Schuchat dalam sebuah pernyataan.

"Dari individu dan komunitas, pengusaha dan perawat kesehatan profesional, semua orang bisa memainkan peran dalam upaya membantu menyelamatkan nyawa dan membalikkan peningkatan dalam bunuh diri yang mengkhawatirkan," tambah Schuchat. 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan sekadar kesehatan mental

Meskipun bunuh diri sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan mental, hal tersebut jarang terjadi karena faktor tunggal. Masalah lain yang sering berkontribusi menurut para peneliti antara lain adalah hubungan, penggunaan narkoba, dan juga stres keuangan atau pekerjaan.

"Jika kita hanya melihat ini sebagai masalah kesehatan mental, tidak akan ada kemajuan yang dibutuhkan," ujar Schuchat dalam konferensi pers pada Kamis, 7 Juni 2018 waktu setempat.

Di sisi lain, harus ada perubahan dalam kondisi kesehatan mental serta akses yang lebih baik terhadap perawatan hal tersebut guna mencegah seseorang mencabut nyawanya sendiri.

Menurut Schuchat, seseorang bisa bantu mencegah usaha bunuh diri dengan mengenali tanda-tanda yang muncul pada orang tersebut, serta melihat keadaan yang sering mengarah pada kesempatan bunuh diri.

Hal itu bisa memberikan pelaku percobaan bunuh diri untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.