Sukses

4 Cara Tingkatkan Kemampuan Bahasa dan Bicara Anak

Liputan6.com, Jakarta Kemampuan bahasa atau bicara seorang anak tergantung bagaimana interaksi yang sering dilakukan orangtua di rumah. Seperti yang diungkapkan sebuah penelitian, anak yang sering diajak bicara atau dibacakan banyak buku semasa balita, kelak memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak. Selain itu, tata bahasa yang mereka punya jauh lebih baik.

Kemampuan bahasa ini tentunya akan berdampak positif pada kemampuan berkomunikasinya kelak. Sebagai orangtua, ada empat cara sederhana untuk memupuk perkembangan bahasa buah hati Anda. Cobalah untuk menerapkannya di rumah, seperti dikutip dari Parents pada Selasa, 22 Mei 2018.

1. Bicara detail penuh narasi

Sehari-hari berbicaralah secara detail pada si kecil. Misalnya saat makan, ceritakan padanya " kita akan mengambil piring di rak, lalu menyendok nasi dan mengambil ayam goreng kesukaan adik, nanti adik duduk manis saat makan ya".

Narasi detail seperti ini membuat anak belajar banyak kata dan bagaimana menyusunnya. Saat Anda berbicara dengan dengan detail anak juga jadi lebih fokus mendengarkan.

 

2 dari 2 halaman

2. Membaca

Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk membacakan buku. Salah satu faktor keberhasilan membaca di masa depan adalah jumlah waktu yang dihabiskan orangtua untuk membaca bersama anak mereka.

Anda bisa memulai membacakan buku-buku untuk bayi dan balita. Untuk anak yang lebih besar, selalu sediakan buku baru setiap bulannya untuk dibaca.

Bisa juga mengajaknya ke perpustakaan dan biarkan ia membuat kartu anggota sendiri.

3. Nikmati musik bersama

Anak-anak kecil sangat menyukai musik dan gerakan. Ketika mereka mendengarkan lagu-lagu yang penuh rima dan memiliki lirik unik, seperti " Old McDonald Had a Farm," mereka belajar tentang dunia di sekitar mereka dan ritme bahasa.

4. Bermain di banyak tempat

Jangan lupa ajak buah hati untuk bermain di banyak tempat, mengunjungi kerabat atau mencoba tempat makan baru.

Dengan pengalaman baru, mereka juga akan belajar kata-kata dan istilah baru. Hal ini sangat baik bagi perkembangan bahasanya.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

Artikel Selanjutnya
Logika Seorang Anak Terbentuk Setelah Diberi Permainan Ini
Artikel Selanjutnya
Mudik Pakai Mobil, Posisi Duduk Anak Tak Boleh Sembarangan