Sukses

Orangtua Baru, Ini 9 Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Bagi Anda yang baru pertama kali menjadi ayah dan ibu, simak tips merawat bayi baru lahir berikut.

Liputan6.com, Jakarta Pertama kali mengurus bayi baru lahir kerap membuat orangtua deg-degan dan cemas. Biasanya, para orangtua berguru pada pakar, baca buku atau orangtua lain yang sudah berpengalaman. Bagi Anda, orangtua baru atau calon orangtua bisa simak pengalaman Mommy Felicia Denisa dalam merawat bayi baru lahir seperti telah dimuat pada Babyologist.

 

Jelang  waktu melahirkan, saya bingung cara merawat anak saya. Kebetulan juga ini adalah anak pertama dan belum punya pengalaman dalam merawat anak. Waktu 3 bulan pertama Calvin anak saya lahir, saya merawatnya sendiri dan tanya-tanya ke suster tempat rumah sakit saya melahirkan.

Nah, berbekal pengalaman tersebut, saya mau share pengalaman saya dalam merawat newborn alias bayi baru lahir, semoga dapat membantu mommies yang sempat dilema seperti saya.

- Menjemur bayi

Agar bayi tidak kuning, jemurlah bayi pada pagi hari saat matahari muncul dibawah jam 9 pagi, usahakan langsung terkena sinar matahari selama 15 menit.

Namun, jika berjemur di dalam rumah dan tidak langsung terkena sinar matahari bisa dilakukan selama 30 menit. Usahakan dengan posisi yang bergantian.

- Menggendong bayi 

Dalam menggendong bayi dapat dilakukan dengan, satu tangan harus dapat menahan kepala dan leher bayi. Sedangkan satu tangan lagi menahan pinggang dan pantat bayi. Dapat juga dengan menggunakan satu tangan dan lengan menahan seluruh badan bayi dengan meletakan kepalanya di lengan kita dan satu tangan menjaga sisi bawah.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

- Memandikan bayi

Biasanya pas awal-awal, saya menggunakan washlap, jadi saya baringkan Calvin di baby tafel. Kemudian saya lap kepala, muka, leher, badan, tangan, kaki memakai washlap yang sudah saya celup air hangat dan beri sedikit shampo untuk rambut, dan sabun untuk badan.

Setelah itu baru saya bilas, saya gendong Calvin dengan 1 tangan, kemudian tangan satunya lagi mengambil air untuk bilas pelan-pelan. Pas tali pusat belum puput, saya mandikan bayi 1 hari sekali dengan air hangat, kalau sudah puput 2 kali sehari, di atas jam 8 pagi dan dibawah jam 4 sore.

- Tali Pusat

Ini menurut saya menegangkan, untuk pertama kalinya memandikan bayi dengan tali pusat belum puput. Untuk perawatan, sekitar tali pusat dibersihkan dengan alkafil. Secara perlahan bungkus dengan kasa bersih. Jika berdarah atau bernanah, baru saya teteskan obat merah. Setiap kali kasa basah, langsungg ganti dengan yang baruMata BayiKadang bayi ada kotoran di matanya. Untuk itu, bersihkan ujung matanya dengan kapas yang dibasahi air hangat.

- Mencuci Rambut

Cuci rambut bayi gunakan shampo khusus bayi dua kali seminggu. Tuang 1-2 tetes, campur air hangat sedikit, gosok lembut ke kepala bayi, usahakan tidak terkena mata. Bilas hingga bersih.

 

3 dari 3 halaman

- Membersihkan Hidung dan Telinga

 

Hidung tidak perlu dibersihkan terlalu dalam karena hidung bagian dalam bisa bersih sendiri. Jika terdapat kotoran di hidung bagian luar, dapat diseka menggunakan cotton bud atau tisu. Untuk daun telinga dapat dibersihkan saat memandikan bayi. Bisa juga menggunakan cotton bud atau kapas yang dibasahi dengan air hangat dan bersihkan pelan-pelan.

- Mulut

Saya bersihkan mulut Calvin setiap hari.

- Kuku

Seminggu sekali saya memotong kuku Calvin menggunakan gunting kuku khusus bayi. Potonglah secara hati-hati.

- Menyusui

Susui bayi 2 jam sekali atau ketika dia mulai rewel. 

Semoga bermanfaat ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.