Sukses

Ingin Karier Terus Menanjak, Ini Usia Pas untuk Wanita Punya Anak

Penelitian menemukan, ada usia yang pas bagi para wanita yang ingin punya anak sekaligus menjaga kariernya terus menanjak.

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang, wanita juga bisa mengejar karier setinggi-tingginya. Kaum hawa masa kini ibarat super woman, bisa jadi ibu, istri, sekaligus bos. 

Hal ini pula yang membuat banyak wanita mengatur waktu mereka untuk memiliki anak. Tak semuanya ingin langsung jadi ibu. Faktanya, kehamilan dan mengurus bayi sedikit banyak akan berpengaruh pada fokus karier yang ingin dicapai.

Saat hamil lalu melahirkan, fokus ibu cenderung ingin mengurus buah hati semaksimal mungkin. Target-target yang ingin dicapai dalam hal karier akhirnya dikesampingkan. Meskipun ada juga yang bisa melakukan keduanya secara bersamaan, dengan usaha dan kerja yang sangat keras tentunya.

Para wanita karier ini kemudian melontarkan serangkaian pertanyaan. “Di umur berapakah akan memiliki anak? Tahun ini? Tahun depan? Atau beberapa tahun ke depan? Bagaimana nanti membagi waktu dengan karier?”

Melansir Purewow, sebuah studi berjudul The Parental Gender Earnings Gap in the United States mengungkap fakta yang cukup penting soal karier dan gaji istri. Dari penelitian diketahui, jika ingin gaji dan karier terus menanjak, sebaiknya perempuan memiliki anak pertama sebelum usia 25 atau setelah 35. Yaitu ketika baru memulai karier atau saat karier sudah dalam kondisi stabil. 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usia yang Pas

Bagi ibu yang memiliki anak pertama di usia antara 25 hingga 35 tahun, biasanya akan muncul masalah dalam hal peran. Pasalnya di usia tersebut seseorang cenderung sedang sibuk membangun karier, bekerja keras, dan gaji pun belum mencukupi kebutuhan mengurus anak.

Jika melahirkan sebelum 25 tahun, maka anak sudah mulai mandiri dan Anda sudah bisa mulai berkarier. Sementara, jika setelah 35 tahun, Anda sudah mapan, memiliki biaya lebih untuk pendidikan anak, dan memiliki waktu lebih untuk mengurus anak.

Saat memiliki anak di usia tersebut kesenjangan gaji antara istri dan suami juga tak terlalu jauh. Keuangan keluarga pun jadi lebih stabil, begitu juga kondisi karier ibu.

Penulis: Dina Nazhifah. Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.