Sukses

Olahraga Ini Cocok untuk Orang dengan Tipe Kepribadian Introvert (1)

Liputan6.com, Jakarta Orang introvert kerap dikaitkan dengan kegiatan yang di dalam rumah, seperti membaca buku. Namun, bukan berarti orang dengan tipe kepribadian ini tidak bisa berolahraga.

Namun, olahraga bersama orang lain bagi orang introvert mungkin bikin mereka tidak nyaman. Biarpun begitu, dilansir dari Women's Health pada Rabu (9/5/2018), paling tidak ada 13 olahraga yang cocok bagi mereka dengan kepribadian ini.

Berikut ini enam dari 13 olahraga yang cocok untuk orang dengan tipe kepribadian introvert.

1. Lari

Lari merupakan olahraga yang cocok untuk orang introvert. Hal ini bisa dilakukan sendirian, sembari mendengarkan musik dengan earphone di pinggir jalan.

"Anda akan sering mendengar orang introvert mengatakan olahraga adalah waktu bagi mereka untuk menjernihkan pikiran, serta menjadi diri mereka sendiri. Berlari adalah cara yang bagus untuk menemukan ruang itu," kata pelatih bersertifikat dan penasihat senior untuk pendidikan kesehatan dan kebugaran American Council on Exercise, Jessica Matthews.

2. Berenang

Berenang dan menenangkan diri di alam air mungkin menjadi waktu yang tepat bagi seorang introvert.

"Jika seseorang mencari cara untuk membatasi diri dari gangguan dengan olahraga, masuk ke air akan benar-benar membantu," kata Matthews.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 3 halaman

Bersepeda

3. Sepeda Statis

Tidak ingin berlatih bersama orang lain di gym harusnya tidak membuat Anda mendaftar untuk berolahraga di tempat itu. Matthews mengatakan, orang introvert tertarik pada olahraga yang berbasis peralatan individu.

"Sepeda statis adalah pilihan yang bagus, karena meskipun Anda bersama orang lain, ada ruang individu yang mungkin merupakan zona nyaman."

4. Bersepeda

Sekalipun Anda bersepeda bersama-sama, kondisi itu tidak memungkinkan kalian untuk bercakap-cakap.

"Berada di sepeda bukanlah waktu yang kondusif untuk melakukan banyak percakapan," kata Kristen Dieffenbach, konsultan mental dari Association for Applied Sport Psychology.

 

3 dari 3 halaman

Triathlon dan Treadmill

5. Latihan Triathlon

Dengan gabungan lari, renang, dan bersepeda, triathlon bisa menjadi daya tarik bagi mereka yang suka berolahraga sendiri. Selain itu, latihan ini butuh dedikasi tinggi. Sehingga, cocok untuk mereka yang butuh waktu untuh dihabiskan sendirian.

6. Treadmill

Apabila Anda butuh berlari jauh dari kerumunan, tapi juga butuh bimbingan seorang pelatih, ambillah kelas treadmill. Ini bisa memberikan keuntungan lebih dari latihan dan pelatih ahli.

Artikel Selanjutnya
7 Tanda Anak Anda Akan Tumbuh dengan Kepribadian Introvert
Artikel Selanjutnya
5 Tips Kencan untuk Si Introvert