Sukses

Cara Ampuh Mengingat Mimpi Tadi Malam

Fakta menarik, vitamin tertentu bantu kita mengingat mimpi tadi malam jadi lebih baik

Liputan6.com, Jakarta Bisakah Anda mengingat mimpi tadi malam? Biasanya sih, hanya ingat sebagian. Menurut studi, ada cara supaya mengingat mimpi yakni dengan minum suplemen vitamin B6 sebelum tidur.

Seorang partisipan yang terlibat dalam studi yang dipimpin peneliti University of Adelaide, Australia, mencoba mengonsumsi vitamin tersebut. Menurut dia, seiring waktu, mimpi menjadi lebih jelas dan mudah diingat.

Pada penelitian tersebut, ada 100 peserta dari seluruh Australia yang diamati. Para peserta mengonsumsi suplemen vitamin B6 dosis tinggi sebelum tidur selama lima hari berturut-turut.

Para peserta melaporkan bisa mengingat mimpi mereka lebih baik dibandingkan dengan waktu sebelum mengonsumsi vitamin.

"Hasil kami menunjukkan mengonsumsi vitamin B6 meningkatkan kemampuan orang untuk mengingat mimpi dibandingkan dengan plasebo," kata rekan penulis studi Denholm Aspy, menurut laporan seperti dilansir Ibtimes, Minggu (6/5/2018).

Penelitian, yang diterbitkan online dalam jurnal Perceptual and Motor Skills, juga menunjukkan bahwa Vitamin B6 tidak mempengaruhi warna mimpi mereka atau aspek lain dari pola tidur mereka.

"Ini adalah pertama kalinya bahwa studi tentang efek vitamin B6 dan vitamin B lainnya pada mimpi telah dilakukan pada kelompok besar dan beragam orang," ujar Aspy.

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat bisa mengingat mimpi

Para peneliti mengatakan mengingat mimpi sebenarnya bisa berguna. Seperti apa?

"Sebagai contoh, mungkin menggunakan mimpi indah untuk mengatasi mimpi buruk, mengobati fobia, pemecahan masalah kreatif, menyempurnakan keterampilan motorik dan bahkan membantu rehabilitasi dari trauma fisik," Aspy menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.