Sukses

11 Hal Aneh yang Bisa Bikin Kulit Wajah Cerah Bercahaya (1)

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah cerah dan bercahaya menjadi impian bagi semua wanita. Banyak hal diupayakan untuk dapat mewujudkan hal tersebut, seperti melakukan perawatan di salon. Namun demikian, perawatan wajah dapat dilakukan dengan hal-hal yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Dilansir dari Reader Digest, Selasa (24/4/2018), berikut adalah sebelas hal aneh yang dapat membuat wajah cerah dan bercahaya. Meski terdengar asing, tidak ada salahnya untuk mencoba perawatan ini.

1. Bakteri

Mungkin Anda tidak pernah menyangka suplemen probiotik yang baik untuk pencernaan, rupanya membawa manfaat baik bagi wajah. Pakar kecantikan sekaligus pendiri Skin Care Ox, Diane Elizabeth mengungkapkan probiotik merupakan bakteri baik yang dapat mengurangi peradangan, baik di dalam maupun luar tubuh.

"Semakin rendah peradangan, maka semakin sedikit pula jerawat, bercak, dan ruam pada kulit," ujar Elizabeth, mengutip dari Reader Digest. Oleh sebab itu, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung fermentasi seperti yogurt. Hal ini dapat menambah asupan probiotik alami bagi tubuh, dan dapat mengurangi peradangan pada kulit.

2. Racun lebah

Meski sering dianggap berbahaya, racun lebah memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kulit. Elizabeth mengatakan, racun tersebut memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antikerut yang luar biasa.

Ketika masuk ke dalam tubuh, racun melemahkan otot-otot wajah sekaligus mengirimkan aliran darah pada permukaan kulit. Racun yang masuk ke tubuh melalui sengata itu dapat menstimulasi produksi elastin dan kolagen, sehingga kulit wajah tampak lebih tebal, halus dan bercahaya.

 

Saksikan juga video berikut ini :

1 dari 2 halaman

3. Keringat

Sebagian orang takut berkeringat karena dapat menimbulkan jerawat. Namun demikian, keringat bermanfaat untuk menghidrasi, membersihkan, dan melindungi kulit dari kotoran. Berkeringat dapat melindungi kulit dari bakteri seperti E.Coli dan Staphylococcus aureus dengan mengeluarkan antibiotik alami yang disebut dermcidin.

Namun demikian, berkeringat memang dapat menimbulkan jerawat, jika Anda membiarkannya terlalu lama. Hal ini karena kotoran dapat menyumbat pori-pori kulit. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencuci wajah 30 hingga 60 menit setelah melakukan aktivitas yang berkeringat.

4. Biji pohon ek

Menjadi makanan kegemaran tupai, biji pohon ek ini rupanya dapat membuat kulit Anda cantik dan bercahaya. Pakar kecantikan dari Spa Pechanga, Rochelle Maribojoc, mengatakan biji pohon ek dan kenari yang dihaluskan, jika dicampur dengan minyak kelapa, dapat menciptakan eksfoliant alami bagi kulit.

Tak hanya itu, teksturnya yang kasar dapat dimanfaatkan sebagai lulur. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meninggalkan area kasar pada kulit, seperti kapalan.

5. Hubungan seks

Salah satu rahasia kulit wajah cerah adalah melakukan hubungan seks. Dokter kulit dari New York, Debra Jaliman, MD., mengungkapkan hubungan seks sama seperti olahraga, yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Hal ini akan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Selain itu, ketika mengalami orgasme, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin, yang dikenal sebagai hormon cinta. Hormon tersebut dapat mengurangi kadar kortisol, sehingga mengurangi peradangan di seluruh tubuh, termasuk kulit.

 

Artikel Selanjutnya
Manfaat Lemon untuk Mencarahkan Kulit Wajah yang Kusam
Artikel Selanjutnya
Lakukan Transplantasi Wajah, Jerome Hamon Jadi Pria Berwajah Tiga Pertama di Dunia