Sukses

Jangan Sembunyikan 3 Hal Ini dari Anak

Orangtua kerap menutupi beberapa hal dari anak. Namun, ada tiga hal yang sebaiknya tak perlu ditutup-tutupi.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua perlu berhati-hati dalam bersikap dan berbicara kepada anak, karena mereka merupakan peniru yang ulung. Namun, ada hal-hal yang tak perlu ditutupi dari anak. Justru dengan melihat kondisi yang ada, mereka akan belajar banyak hal.

Berikut tiga hal yang tidak perlu orangtua tutupi dari anak, seperti mengutip Parents. 

1. Menangis

Dalam beberapa momen tertentu, seperti terharu, sedih, orangtua pasti tak bisa menahan emosi di depan anak. Tak perlu bersembunyi dari anak saat menangis.

"Anak-anak akan tahu kalau semua orang bisa menangis, tak masalah untuk mengeluarkan emosi. Justru dengan orangtua menangis di depan anak menunjukkan pada mereka, hal yang sangat normal dan manusiawi, tak perlu ada yang ditutupi," ujar Susan Stiffelman, penulis buku Parenting With Presence: Practices for Raising Conscious, Confident, Caring Kids.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Keras dan Membuat Anggaran

2. Kerja keras

Biarkan juga si kecil melihat orangtuanya bekerja keras. Mereka akan melihat sendiri orangtuanya menjalani proses yang begitu sulit dan panjang hingga mendapatkan apa yang diinginkan.

"Ketika orangtua sedang bekerja keras, lelah, jatuh dan berusaha lagi, anak akan melihat dengan mata kepalanya sendiri. Ini semacam pelajaran yang tak akan mereka dapatkan di bangku sekolah, justru akan sangat baik jika didapatkan dari orangtuanya," ujar Stiffelman.

3. Membuat anggaran

Untuk anak-anak yang sudah di usia sekolah dasar, libatkan mereka dalam mengatur keuangan keluarga. Seperti membuat anggaran dan perencanaan belanja. Menulis keperluannya yang harus dibeli.

"Banyak anak yang tak memiliki skill keuangan yang mumpuni, ketika dewasa dan jauh dari orangtua, mereka kebingungan. Untuk itu sedari kecil libatkan anak dalam membuat anggaran keluarga. Jangan beranggapan urusan uang adalah urusan orangtua, tapi lebih baik urusan semua anggota keluarga," kata Stiffelman.

 

 

 

Sumber: dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.