Sukses

Kenapa Masyarakat di Daerah Lebih Percaya Dukun Beranak Ketimbang Bidan?

Meski layanan kesehatan primer, seperti puskesmas sudah tersedia, keberadaan dukun beranak pun tak bisa dihilangkan sepenuhnya.

Liputan6.com, Jakarta Kepercayaan masyarakat di daerah terhadap dukun beranak masih tetap ada. Meski layanan kesehatan primer, seperti puskesmas sudah tersedia, keberadaan dukun beranak pun tak bisa dihilangkan sepenuhnya.

Apalagi dukun beranak sudah melayani keluarga secara turun temurun. Saat ditemui dalam acara "Pencerah Nusantara: Pemuda di Garda Tedepan Kesehatan untuk Mencapai SDGs” di Tjikini Lima Restaurant & Cafe, Menteng, Jakarta, Program Manager Pencerah Nusantara, Siska Verawati menjelaskan, alasan masyarakat lebih percaya dukun beranak ketimbang bidan.

"Dukun beranak katanya lebih ramah. Mereka mau melayani apapun yang diminta ibu hamil, mulai dari pijit, mandi, dan perawatan lainnya. Mereka juga bersedia datang ke rumah ibu hamil," jelas Siska pada Kamis (12/4/2018).

Yang menjadi alasan lainnya adalah, akses mendapatkan pelayanan dari bidan terbilang sulit.

Saksikan juga video menarik berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaiki kualitas bidan

Demi meningkatkan kepercayaan masyarakat di daerah terhadap bidan, perbaikan kualitas pelayanan bidan ditingkatkan, seperti yang dilakukan tim Pencerah Nusantara di Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

"Kami perbaiki kualitas bidan. Jadi bidan juga harus ramah. Upayanya mendekatkan dan mengenalkan bidan ke masyarakat. Bidan diajak bertemu langsung masyarakat," Siska menambahkan.

Adanya pendekatan sosial bidan membuat masyarakat mengenal lebih dekat bidan. Tak hanya itu saja, dukun beranak sekarang juga menjadi mitra bidan. Dukun beranak akan mengantarkan ibu hamil ke bidan untuk pengobatan dan perawatan lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.