Sukses

Lakukan 6 Trik Ini Agar Buah Hati Tak Lagi Takut Gelap

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti memiliki ketakutannya masing-masing, seperti takut ketinggian, takut keramaian, hingga takut kegelapan. Ketakutan akan kegelapan umumnya dimiliki oleh sang buah hati. Hal ini menjadi bagian dari tumbuh kembang anak.

Dilansir dari Step to Health, Kamis (12/4/2018), ketakutan akan kegelapan yang dialami buah hati menjadi tanggung jawab orang tua untuk menyalurkan rasa takut dan mengatasinya. Jika dibiarkan, hal ini akan berpengaruh pada saat buah hati Anda beranjak dewasa.

Oleh sebab itu, berikut adalah enam trik yang dapat Anda lakukan untuk membantu sang buah hati mengatasi ketakutannya akan kegelapan.

1. Bermain bayangan

Salah satu trik terbaik guna mengajarkan sang buah hati mengatasi takut kegelapan adalah dengan mengajak mereka melakukan permainan bayangan. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan bagi mereka.

Anda dapat mengajak mereka membuat bayangan dengan tangan. Bentuk terbaik dari bayangan tangan tersebut akan menjadi pemenangnya.

2. Lampu malam

Menggunakan lampu kecil nan redup atau memadukan cahaya di kamar sang buah hati akan membuat mereka menjadi lebih tenang. Hal ini dapat membuat buah hati mengatasi rasa panik saat lampu besar di kamar tidur mereka benar-benar padam.

 

Saksikan juga video berikut ini :

2 dari 3 halaman

3. Dampingi saat buah hati menangis

Ketika takut gelap, salah satu hal yang dapat dilakukan oleh sang buah hati adalah menangis. Hal ini membuat Anda bergegas ke kamar mereka, lalu menyalakan lampu kamar. Sebenarnya, tindakan ini tidaklah tepat.

Ketika mereka menangis, hal yang perlu Anda lakukan adalah mendampingi dan menenangkan mereka, tetap dalam kondisi gelap. Hal ini akan membuat buah hati Anda tetap dapat mengatasi rasa takut dalam kegelapan.

4. Bicarakan ketakutan pada mereka

Salah satu cara mengajarkan pada anak untuk mengatasi ketakutannya adalah dengan membicarakannya pada mereka. Anda harus membuat mereka mengerti kondisi tempat tinggal mereka aman.

Selain itu, Anda perlu menjelaskan pada buah hati tempat-tempat yang menjadi sumber ketakutan, seperti kolong tempat tidur dan lemari, merupakan tempat yang aman. Hal ini akan membuat mereka menyadari tidak ada alasan untuk takut.

3 dari 3 halaman

5. Jangan mengejutkan mereka

Ketakutan akan kegelapan bisa terjadi karena buah hati Anda sering terkejut. Oleh sebab itu, Anda harus menghindarkan mereka dari hal yang mengejutkan.

Salah satu contohnya yaitu ketika keluarga sedang mengalami peristiwa yang mengejutkan seperti perampokan, sebaiknya Anda tidak membicarakannya dengan mereka. Hal ini akan membuat membuat mereka panik dan semakin takut.

6. Menyetel musik

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara mengatasi rasa takut akan kegelapan. Hal ini akan membuat buah hati menjadi santai, lalu tertidur pulas.