Sukses

4 Cara Agar Tubuh Tidak Lemas Setelah Begadang

Adakah cara agar tubuh tidak lemas setelah begadang?

Liputan6.com, Jakarta Tidak jarang badan pasti terasa lemas saat bangun di pagi hari setelah begadang semalam suntuk karena pekerjaan yang menumpuk.

Kalau Anda adalah seorang pekerja shift bisa mencegah hal tersebut dengan cara sederhana. Cukup dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang mengandung ragam vitamin yang bisa memperkuat tubuh Anda. Meskipun harus begadang kerja sampai pagi.

Berikut makanan-makanan yang bisa Anda santap guna cegah badan lemas akibat begadang seperti dijelaskan dr Nitish Basant Adnani BMedSc dari situs Klik Dokter dikutip Health Liputan6.com pada Selasa, 3 April 2018.

1. Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan salah satu sumber energi tubuh manusia. Saat Anda harus bekerja sampai pagi, tubuh menggunakan vitamin B12 dalam jumlah banyak yang mengakibatkan badan lemas.

Dampak lainnya ada menurunnya fungsi kognifit dan suasana hati (mood). dr Nitish menyarankan, untuk mengonsumsi daging sapi dan sayur agar vitamin B12 yang hilang itu dapat kembali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Lemas Setelah Begadang

2. Konsumsi ginseng

Kadar kortisol pada orang begadang tetap tinggi karena seharusnya berada pada tingkat yang paling rendah dikarenakan orang tidur.

Akibatnya, tubuh berada dalam keadaan stres, yang mengakibatkan tekanan darah meningkat, serta perubahan mood.

Guna mencegah keadaan tersebut, coba untuk mengonsumsi olahan ginseng

3. Jauhkan gula dan karbohidrat

Makanan manis dan bertepung hanya membuat kadar gula dalam darah menurun drastis dalam waktu singkat. Yang pada akhirnya membuat energi jadi terkuras. Badan pun jadi lemas.

Selama begadang ada baiknya konsumsi lemak baik dan protein.

4. Cukupi waktu tidur

Normalnya waktu tidur manusia adalah 8 jam sehari. Walaupun Anda harus bekerja sampai pagi, ada baiknya menyempatkan waktu untuk tidur sebentar saja. Atau sesudah begadang sebaiknya tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.