Sukses

6 Risiko Kesehatan Intai Wanita yang Menstruasi Sebelum 12 Tahun

Menstruasi terlalu dini meningkatkan risiko wanita kena penyakit jantung, menopause dini, hingga infertilitas.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua wanita ingat usia saat menstruasi pertama kali. Jika Anda wanita yang menstruasi sebelum 12 tahun, ada beberapa risiko kesehatan yang timbul seperti diungkapkan berbagai studi.

Berikut enam risiko kesehatan pada wanita yang menstruasi dini mengutip Women's Health, Senin (2/4/2018).

1. Kanker payudara

Wanita yang menstruasi sebelum 12 tahun berisiko 50 persen mengembangkan kemungkinan terkena kanker payudara dibanding wanita yang menstruasi usia 16 menurut Breast Cancer Fund. Hal ini terjadi karena paparan estrogen yang terlalu cepat berisiko meningkatkan kanker payudara.

2. Menopause dini

Riset dalam jurnal Human Reproduction 2017 mengatakan, wanita yang menstruasi sebelum 11 tahun, kemungkinan 80 persen memasuki menopause sebelum mencapai usia 40. Serta memiliki risiko 30 persen lebih tinggi alami menopause di usia 40-44 tahun dibanding yang menstruasi di usia 12.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyakit jantung

3. Penyakit jantung

Ada keterkaitan antara menstruasi dini dengan risiko seorang wanita terkena penyakit jantung. Studi observasional jangka panjang di jurnal Heart 2018 yang menstruasi sebelum 12 tahun cenderung 10 persen kena penyakit jantung dibanding yang menstruasi usia 13 ke atas. 

4. Kanker ovarium

Bila menstruasi sebelum usia 12, wanita tersebut cenderung berisiko terkena kanker ovarium menurut data meta analisis International Journal of Cancer. Lagi-lagi, hal ini dipengaruhi kehadiran hormon estogen.

 

3 dari 3 halaman

Pengaruhi kesuburan

5. Diabetes

Studi yang melibatkan 13 ribu wanita di jurnal Diabetologia mengatakan wanita yang menstruasi dini, dua kali lebih berisiko lebih terkena diabetes tipe dua. Hal ini terjadi karena paparan lemak tinggi. Diharapkan wanita selalu menjaga berat badan ideal serta mencegah kehadiran lemak perut (visceral fat) yang erat kaitannya dengan risiko beberapa penyakit.

6. Pengaruhi kesuburan

Menstruasi terlalu cepat terkait dengan meningkatnya risiko wanita tak subur. Hal tersebut terungkap dalam riset yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.