Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Testis Besar Sebelah dan Kapan Saatnya Perlu Khawatir

Liputan6.com, Jakarta Kaum pria, pernahkah Anda memperhatikan ukuran testis Anda? Apabila belum, ada baiknya melakukannya jika tidak ingin berhadapan dengan masalah kesehatan yang serius. Testis yang ukurannya berbeda, salah satu lebih besar ketimbang yang lain bisa menunjukkan adanya masalah.

Kebanyakan kasus sangat normal jika salah satu testis lebih besar ketimbang yang lain. Anda tak perlu panik dulu, karena sebagian besar yang testisnya besar sebelah itu normal-normal saja, tak banyak tubuh manusia yang simetris.

Umumnya pria memperhatikan testis kanan lebih besar, atau yang kiri menggantung lebih rendah. Tapi, jika Anda mulai memperhatikan perubahan bentuk, warna, atau rasa sakit, maka jangan malu untuk segera periksa ke dokter seperti dilansir TheSun, Jumat (23/3/2018).

Berikut beberapa arti jika ukuran testis kanan dan kiri berbeda:

1. Torsi testis

Torsi testis terjadi saat testis berputar di skrotum. Torsi testis terjadi saat satu buah testis berkelok-kelok, meninggalkan kabel yang membawa sperma karena berputar.

Kondisi torsi testis menyebabkan seseorang sakit parah dan lama sakitnya dan jika tidak diobati dengan cepat, bisa menyebabkan beberapa kerusakan serius.

Melintirnya saluran sperma bisa memotong aliran darah ke testis yang bisa menyebabkan kematian jaringan dan organ yang perlu disingkirkan.

Tidak jelas apa yang menyebabkan kondisi ini, tetapi beberapa pria dianggap memiliki sifat yang diturunkan yang memungkinkan testikel berputar lebih mudah.

Itu juga bisa terjadi setelah beberapa jam aktivitas yang kuat.

Tahun lalu seorang anak laki-laki berusia 11 tahun di Cina harus dibuang testisnya setelah berputar 540 derajat dan memutus suplai darah. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 dari 4 halaman

Kanker dan gatal

2. Kanker

Kanker testis juga bisa menyebabkan perubahan warna atau bentuk testis Anda. Salah satu tanda terbesar kanker testis adalah pembengkakan atau gumpalan di salah satu testis sehingga salah satu bola akan terlihat lebih besar atau berbeda dari yang lain. Perhatian juga tanda lainnya yakni perubahan warna.

Kanker testis bukan merupakan bentuk umum kanker, terhitung sekitar satu persen dari semua kanker pria, tetapi jumlah kasus yang didiagnosis setiap tahun di Inggris telah berlipat ganda sejak tahun 1970-an.

Dan itu mempengaruhi lebih banyak pria muda, dengan kebanyakan kasus terjadi pada pria berusia antara 15 dan 49 tahun.

3. Gatal

Kebanyakan pria tak memperhatikan perubahan di area kelaminnya. Jadi, jika Anda ingin menjaga harga diri dan sukacita Anda, pastikan untuk secara teratur memeriksanya.

Anda lebih cenderung berisiko terkena kanker testis jika Anda memiliki riwayat keluarga atau testis yang tidak turun.

Kanker ini adalah salah satu bentuk kanker yang paling bisa diobati dan kebanyakan pria sembuh total.

3 dari 4 halaman

Orchitis dan kista

4. Orchitis

Jika Anda mengalami pembengkakan, itu bisa menjadi tanda orkitis, yang sering dikaitkan dengan infeksi

Pada topik infeksi, orkitis terjadi saat infeksi menyebabkan peradangan pada testis. Sederhananya, itu menyebabkan testis bengkak. Biasanya dikaitkan dengan virus gondok.

Kondisi ini akan sering menimbulkan rasa sakit, sekaligus membengkak.

Anda mungkin juga mengalami rasa sakit saat menderita, nyeri ketika Anda mengalami ejakulasi, skrotum yang membengkak, darah dalam air mani, cairan yang tidak normal dan dalam beberapa kasus terasa demam.

Anda harus segera periksa ke dokter untuk mengobati kondisi ini.

5. Kista

Jika epididimus itu cairan mengumpul secara berlebihan dapat menyebabkan kista. Kista adalah kantung berisi cairan yang bisa terbentuk pada kulit atau organ.

Bagi pria, kista epididimis, bisa berkembang di epididimis. Mereka biasanya terjadi ketika ada kelebihan cairan di saluran.

Kedengarannya mengerikan, tapi kondisinya biasanya tidak berbahaya dan akan beres dengan sendirinya.

Tetapi jika pembengkakan tidak berkurang atau mulai menyebabkan rasa sakit, Anda harus berbicara dengan dokter tentang cara mengeluarkan kista melalui pembedahan.

4 dari 4 halaman

Hydricele dan Varicocele

6. Kantung berisi cairan

Hydrocele menyebabkan terbentuknya kantung berisi cairan di sekitar testis.

Ada suatu kondisi yang menyebabkan kantung berisi cairan terbentuk di sekitar testis, disebut hidrokel. Ini sangat umum pada bayi baru lahir tetapi dapat berkembang pada usia berapa pun.

Hidrokel sering dikaitkan dengan pembengkakan atau cedera di dalam skrotum. Biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan harus dibersihkan dengan sendirinya.

Tapi jika Anda khawatir, atau mengalami rasa sakit, maka segera hubungi dokter.

7. Varicocele

Varikokel terjadi saat pembuluh darah di dalam skrotum menjadi membesar. Ini mirip dengan varises yang mungkin terlihat di kaki Anda.

Anda mungkin mengalami rasa sakit yang tajam atau ketidaknyamanan yang membosankan yang secara bertahap akan menjadi lebih buruk.

Kondisi ini diduga disebabkan ketika katup di dalam korda spermatika tersumbat, sehingga darah Anda tidak mengalir dengan baik.

Kebanyakan varikokel tidak memerlukan pengobatan tetapi dalam kasus yang lebih parah dapat menyebabkan berkurangnya jumlah sperma atau penyusutan di testis.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kena Infeksi Cacing, Kulit Testis Pria Ini Mengeras Seperti Kulit Telur
Artikel Selanjutnya
Terinfeksi Parasit, Ada 'Kulit Telur' di Sekitar Testis Lansia India