Sukses

5 Jurus Ajaib yang Wajib Anda Lakukan untuk Bisa Tidur Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta Sulit tidur bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya pengaruh stres dan gaya hidup tak sehat. Untuk melawannya, beberapa orang menyiasati berbagai cara agar bisa cepat tidur.

Dikutip dari Indiatimes, Sabtu (10/3/2018), beberapa trik ajaib ini mampu buat Anda lebih cepat untuk tidur.

1. Tetap Bangun

Ini mungkin aneh. Kekhawatiran tentang tidak bisa tidur, ternyata malah membuat kita melakukan hal yang sebaliknya.

Sebuah studi yang dilakukan University of Glasgow menemukan, berbaring dengan mata terbuka membantu Anda lebih cepat tertidur. Sementara, jika Anda mencoba untuk tertidur, itu malah membuat Anda makin sulit tidur.

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

1 dari 3 halaman

2. Menghangatkan kaki

Hangatkan kaki Anda. Gunakan kaus kaki atau biarkan mereka tetap di bawah selimut. Ini bisa mengirimkan sinyal ke otak dan membuat Anda tidur.

Penelitian yang dilakukan jurnal Nature menemukan, kaki atau tangan yang hangat merupakan indikator dari lamanya waktu tidur. Pergeseran aliran darah ke tangan dan kaki, bekerjasama dengan hormon melatonin yang memengaruhi tidur Anda.

3. Metode 4-7-8

Dr. Andrew Weil, pakar obat dan penulis buku mengatakan teknik 4-7-8 dapat membantu Anda untuk tidur kurang dalam satu menit. Caranya, letakkan ujung lidah ke belakang gigi bagian atas, lalu embuskan napas dengan mulut di sekitar lidah.

Keluarkan suara "whooshhh" dengan mulut saat menghembuskan napas. Lalu tutup mulut dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung dalam empat hitungan. Tahan napas dalam tujuh hitungan. Lalu, embuskan lagi dalam delapan hitungan.

Ini untuk sekali putaran. Lakukan lagi dalam tiga atau empat kali putaran.

 

2 dari 3 halaman

4. Minum susu dengan campuran rempah

Segelas susu hangat memang bisa membantu tertidur. Gunakan campuran pala, kapulaga, kunyit, kayu manis, atau jahe pada susu. Ini bisa membuat susu yang menenangkan dan juga lezat. Pastikan, Anda minum susu tiga jam setelah makan terakhir.

5. Meniup gelembung

Trik ini ternyata membutuhkan pola napas yang tenang dan membantu menenangkan pikiran dan juga tubuh. Melalui cara ini, Anda juga bisa teringat akan masa kanak-kanak Anda.

Artikel Selanjutnya
Sulit Tidur seperti Rihanna? Ini 4 Tips Mudah Solusinya
Artikel Selanjutnya
Tidur Siang yang Bermanfaat Baiknya 20 atau 45 Menit?