Sukses

Cegah Darah Menstruasi Beraroma Tak Sedap, Ikuti Saran Ini

Pastikan saat menstruasi memakai pakaian berbahan katun serta tak douching.

Liputan6.com, Jakarta Aroma darah menstruasi memang tak sama dibandingkan darah biasa. Asalkan aroma darah menstruasi tidak amis, itu masih sehat, seperti disampaikan dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Taraneh Shirazian.

Pada wanita yang merasakan aroma darah menstruasi amis itu karena adanya bakteri yang terakumulasi saat menstruasi. Hal tersebut kemudian membuat adanya infeksi.

"Infeksi vagina seperti bacterial vaginosis menimbulkan aroma yang kuat, aroma amis," kata Shirazian mengutip Refinery 29, Selasa (6/3/2018).

Untuk mencegah agar aroma darah menstruasi normal, penting menjaga daerah sekitar selangkangan kering. Di antaranya dengan mengganti pembalut sekitar empat jam sekali, serta memilih pakaian bawahan berbahan katun.

"Pakai bawahan (celana dalam, rok, celana) dari bahan katun agar bisa 'bernapas'. Hindari bahan spandex dan pakaian ketat untuk mengurani produksi keringat di area tersebut," pesan Shirazian.

Bila kondisi kondisi selangkangan terlalu lembap, entah itu karena pembalut penuh darah menstruasi dan keringat, bisa menyebabkan bakteri tumbuh subur seperti disampaikan dokter yang berpraktik di NYU Langone Amerika Serikat ini.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Cuci Vagina Pakai Sabun

Walau merasa aroma vagina saat menstruasi tak seperti biasanya hindari melakukan douching. Douching atau membasuh atau membilas vagina dengan semprotan air, sabun, atau campuran cairan.

Douching malah membuat bakteri baik yang bertugas menjaga vagina jadi tidak seimbang. Ketika terjadi ketidakseimbangan bakteri menyebabkan timbulnya infeksi yang membuat aroma darah menstruasi makin bau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.