Sukses

Saat Perut Kosong, Hindari Melakukan 6 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Di dalam perut manusia, terdapat serangkaian organ di mana sistem pencernaan terjadi. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaganya dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat. Namun demikian, ada beberapa kebiasaan yang justru berbahaya dilakukan saat perut berada dalam kondisi kosong.

Dilansir Step to Health, Selasa (27/2/2018), berikut adalah enam kebiasaan yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat perut kosong.

1. Mengonsumsi obat anti-inflamasi

Saat perut kosong, hindari mengonsumsi obat seperti aspirin dan parasetamol. Hal ini karena sifat anti-inflamasi pada obat tersebut tidak akan bekerja secara efektif saat perut kosong. Hal ini akan memicu terjadinya masalah serius yaitu pendarahan lambung.

Selain itu, untuk mengonsumsi obat anti-inflamasi, Anda dapat mengonsumsi susu. Hal ini dapat mengurangi efek negatif dari jenis obat tersebut.

2. Minum kopi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa konsumsi kopi saat perut kosong itu berbahaya. Hal ini karena konsumsi kopi dapat merangsang produksi asam pada lambung. Selain itu, Anda akan merasakan sensasi terbakar di perut dan masalah sistem pencernaan jika melakukan hal tersebut.

Mengonsumsi kopi di pagi hari tanpa sarapan dapat memicu munculnya defisiensi serotonin, yaang akan membuat Anda berada dalam suasana hati buruk sepanjang hari.

Jika sulit mengurangi kebiasaan meminum kopi saat perut kosong, Anda dapat menambahkan krimer atau susu. Hal ini karena kedua bahan tersebut mengandung lemak yang dapat mengurangi efek negatif dari kopi bagi perut.

 

Saksikan juga video berikut ini :

2 dari 3 halaman

Hindari konsumsi minuman alkohol saat perut kosong

3. Mengonsumsi minuman beralkohol

Konsumsi alkohol dalam keadaan perut kosong sangatlah berbahaya. Ini karena konsumsi alkohol pada saat perut kosong dapat menyebabkan efek memabukkan yang lebih kuat.

Tak hanya itu, mengonsumsi alkohol saat perut kosong pun berbahaya bagi kesehatan hati, jantung, dan ginjal Anda.

4. Mengunyah permen karet

Ketika berada dalam kondisi perut kosong, mengunyah permen karet rasa-rasanya bukanlah ide yang baik. Hal ini karena asam klorida yang dihasilkan saat mengunyah dapat memproduksi lendir pada tubuh. Hal ini menyebabkan gastritis pada perut.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengunyah permen karet yang mengandung pemanis alami seperti xylitol dan sorbitol. Selain itu, kunyahlah permen karet paling lama 10 menit, sekalipun Anda sudah makan.

3 dari 3 halaman

Jangan melakukan latihan fisik saat perut kosong

5. Melakukan latihan fisik

Umumnya Anda melakukan latihan fisik untuk membentuk massa otot. Namun demikian, jika Anda melakukan hal ini saat perut kosong, massa otot akan hilang secara teratur.

Selain itu, Anda akan merasa sangat kelelahan saat melakukan latihan fisik. Hal ini karena Anda tidak memiliki energi yang masuk ke tubuh melalui makanan.

Oleh sebab itu, lebih baik Anda makan sebelum melakukan aktivitas fisik. Hal ini lantaran aktivitas fisik dapat merangsang produksi cairan lambung. Tentunya kondisi tersebut tidak baik jika perut berada dalam keadaan kosong.

6. Pergi berbelanja makanan

Pergi berbelanja makanan saat perut kosong rasa-rasanya bukan menjadi ide yang baik. Hal ini karena ketika lapar, Anda akan cenderung lebih banyak membeli makanan. Akibatnya, makanan yang dibeli pun belum tentu bernutrisi.

Oleh sebab itu, sebelum pergi berbelanja makanan, ada baiknya Anda makan terlebih dahulu. Selain itu, siapkan daftar belanja yang terdiri dari jenis makanan bergizi.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Syeikh Ammar Bugis, Penyandang Disabilitas Penghafal Alquran dan Ulama
Artikel Selanjutnya
7 Merek Pizza Terbaik di Jakarta