Sukses

6 Manfaat Menakjubkan Minyak Zaitun Extra Virgin bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang gemar memasak, minyak zaitun extra virgin mungkin menjadi salah satu bahan yang ada di dapur. Minyak zaitun yang tanpa melalui proses pemurnian ini umumnya digunakan dalam dunia kuliner. Tak hanya memperkaya rasa, minyak ini dipercaya memiliki manfaat menakjubkan bagi kesehatan.

Dilansir Step to Health, Senin (26/2/2018), minyak zaitun extra virgin mengandung senyawa lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan beragam asam esensial yang baik bagi tubuh. Berikut adalah manfaat menakjubkan yang diberikan minyak zaitun extra virgin bagi tubuh Anda.

1. Ampuh mengurangi rasa sakit

Salah satu minyak premium ini bersifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan di tubuh. Kandungan oleochantal pada minyak zaitun extra virgin ini dapat diaplikasikan pada daerah yang mengalami rasa sakit dengan sedikit pijatan.

2. Mencegah kanker

Tidak ada makanan di dunia yang benar-benar dapat mencegah atau menyembuhkan kanker. Namun, minyak zaitun extra virgin dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit mematikan tersebut.

Kandungan asam oleat pada minyak zaitun extra virgin dipercaya dapat mengurangi risiko munculnya penyakit kanker.

 

Simak juga video berikut ini :

2 dari 3 halaman

Konsumsi minyak zaitun extra virgin dapat memperkuat sistem imun tubuh

3. Memperkuat sistem imun tubuh

Minyak zaitun extra virgin memiliki kontribusi yang besar bagi daya tahan tubuh. Hal ini karena komponen pada minyak zaitun mentah tersebut dapat membasmi bakteri dan organisme selular berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, kandungan antivirus dan antibakteri pada minyak zaitun mentah ini dipercaya ampuh atasi penyakit berbahaya.

4. Melawan kolesterol

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun extra virgin ini dapat menstimulasi sistem peredaran darah Anda guna menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolestrol baik (HDL).

Selain itu, minyak zaitun mentah ini pun dapat membantu mencegah penyakit pada sistem kardiovaskuler dan berperan penting pada respirasi seluler dengan memfasilitasi transportasi oksigen.

3 dari 3 halaman

Minyak zaitun pun bermanfaat bagi kesehatan kulit

5. Merawat kulit

Minyak zaitun extra virgin merupakan salah satu bahan yang paling terkenal dalam perawatan kulit. Hal ini karena minyak zaitun yang tanpa melalui proses pemurnian ini dapat berperan sebagai tabir surya bagi kulit.

Selain itu, minyak zaitun dipercaya dapat menjaga kelembaban dan mencegah penuaan dini pada sel kulit.

6. Mencegah penyakit alzheimer

Tak hanya digunakan untuk memberikan cita rasa lezat pada makanan, minyak zaitun extra virgin merupakan salah satu bahan yang dapat membantu mengatasi masalah pada otak, yaitu alzheimer.

Hal ini karena kandungan antioksidan alami pada minyak zaitun mentah ini dapat membantu menghilangkan toksin pada otak yang menjadi penyebab penyakit ini.

Loading