Sukses

6 Cara Atasi Penumpukan Bobot di Usia Senja

Ketika mengalami penuaan, tubuh akan mengalami penurunan fungsi metabolisme, sehingga berat badan cenderung meningkat. Inilah 6 cara guna mengatasinya.

 

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan penuaan yang terjadi pada setiap manusia, proses metabolisme dalam tubuh pun semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh organ pencernaan yang sudah mulai menurun fungsi kerjanya.

Jika terus dibiarkan, hal ini akan membuat berat badan terus meningkat, dan tentunya akan menimbulkan banyak masalah dalam tubuh. Dilansir step to health, Selasa (14/6/2018), berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menghindari naiknya berat badan karena faktor usia :

1. Mengonsumsi flavonoid

Senyawa ini dipercaya mampu mempertahankan berat badan, atau justru dapat menguranginya. Hal ini sangat baik, terutama bagi mereka yang mulai mengalami penuaan, karena senyawa flavonoid berperan besar dalam proses metabolisme dalam tubuh.

Anda dapat menemukan flavonoid jika mengonsumsi blueberry, stroberi, ceri, anggur, teh, apel, bawang merah, daun bawang, dan brokoli.

2. Hindari tidak melakukan aktivitas fisik

Ketika Anda mulai mengalami penuaan, metabolisme mulai melambat. Apabila tidak ditambah dengan aktivitas fisik, berat badan juga akan semakin meningkat begitu cepat.

Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk melakukan latihan fisik sederhana selama 10 menit yang bisa Anda lakukan tiga kali sehari.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diet saat alami penuaan bukanlah ide yang baik

3. Tetap berpikir positif

Seiring bertambahnya usia, ingatan pun akan semakin menurun. Anda yang mulai masuk pada fase ini kerap melupakan aktivitas yang telah dilakukan, termasuk makan.

Oleh sebab itu, apabila sudah mulai masuk usia senja, latihlah stimulasi otak dengan melakukan permainan teka-teki silang, catur, sudoku, atau menulis buku harian.

4. Lupakan diet

Makanan yang rendah kalori umumnya dapat mengurangi ritme metabolisme secara permanen. Selain itu, melakukan diet dengan mengurangi kalori akan membuat jaringan otot pun menjadi berkurang. Hal ini akan menyebabkan berat badan terus meningkat.

3 dari 3 halaman

Lakukan pemeriksaan kesehatan berkala saat mengalami penuaan

5. Mengendalikan kesehatan

Kesehatan menjadi penting untuk diperiksa secara berkala. Umumnya, mereka yang mengalami penuaan akan mengalami masalah kesehatan seperti hipertensi dan osteoporosis.

Jika Anda mengalami hal tersebut, aktivitas fisik pun akan menurun, dan inilah yang menyebabkan berat badan menjadi sulit untuk dikendalikan. Oleh sebab itu, tetap jaga kesehatan dan sering melakukan pemeriksaan secara berkala.

6. Jangan menunggu sampai sakit

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, ketika mengalami penuaan, tubuh akan banyak mengalami penurunan fungsi. Oleh sebab itu, Jangan pernah melewatkan tips-tips di atas, dan menunggu sampai masalah kesehatan muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.