Sukses

Kenali Gejala Penyakit yang Mirip Stroke

Liputan6.com, Jakarta Stroke memiliki berbagai gejala, tapi banyak masalah kesehatan dapat menyebabkan kondisi yang sama. Misalnya, migrain yang bisa membuat Anda merasa bingung, pusing, lemah atau kesulitan melihat, bicara atau bergerak.

Meski gejalanya serupa dengan stroke, bukan berarti Anda bisa abai. Jadi jika Anda melihat ada tanda-tanda ini, dapatkan bantuan medis segera, melansir laman Web MD, Rabu (14/2/2018).

1. Kejang

Sama seperti stroke, kejang bisa memiliki gejala termasuk mati rasa, kesemutan, atau kelemahan di lengan atau tungkai Anda.

Anda juga bisa mengalami apa yang disebut kelumpuhan Todd (sulit memindahkan satu sisi tubuh Anda, kesulitan berbicara dan melihat). Kadang-kadang berlangsung selama setengah jam, tapi bisa bertahan selama 36 jam. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

1 dari 4 halaman

2. Migrain

2. Migrain

Rasa sakit akibat migrain itu sendiri bisa cukup untuk mengantarmu ke rumah sakit. Anda mungkin melihat hal-hal seperti lampu berkedip atau bentuk zigzag. Anda bahkan bisa kehilangan penglihatan Ada untuk sementara waktu. Anda juga bisa merasakan kesemutan di tangan atau kaki Anda. Itu bisa membuat Anda kesulitan bicara.

3. Gula darah rendah atau tinggi

Gula darah rendah bisa terlihat sangat mirip stroke. Anda mungkin merasa kikuk atau tidak bisa menggerakkan satu sisi tubuh Anda. Dan itu bisa membuat pusing, kesemutan di sekitar mulut Anda, dan sakit kepala.

Sementara itu, gula darah tinggi bisa menyebabkan penglihatan kabur dan membuat Anda merasa lemas.

2 dari 4 halaman

4. Suara yang rendah

4. Suara yang rendah

Suara yang rendah bisa disebabkan oleh saraf yang rusak (yang membantu mengendalikan otot wajah). Dengan kondisi ini, Anda akan sulit menggerakkan bagian wajah.

5. Tumor Otak

Seperti stroke, tumor otak juga menyebabkan gejala seperti sakit kepala atau lemah di lengan atau kaki, bicara juga melihat.

6. Multiple Sclerosis (MS)

Bila Anda memiliki kondisi ini, sistem kekebalan tubuh akan menyerang sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang sehingga menyebabkan masalah penglihatan, mati rasa, kesemutan, dan kelemahan otot. Gejala ini bisa tampak mirip dengan stroke.

3 dari 4 halaman

7. Gangguan sistem saraf

7. Gangguan sistem saraf

Kondisi ini menyebabkan masalah berjalan, pendengaran, penglihatan, atau bicara. Anda juga mungkin akan kesulitan menjaga keseimbangan tubuh, kehilangan suara dan kesulitan menelan.

8. Sepsis dan infeksi lainnya

Sepsis (komplikasi penyakit) membuat Anda merasa bingung bisa terlihat sangat mirip dengan stroke.

Infeksi di otak dan tulang belakang mungkin juga memiliki gejala mirip stroke. Encephalitis--pembengkakan di otak sering disebabkan oleh virus juga dapat menyulitkan Anda dalam berpikir, fokus, dan menggerakan beberapa bagian tubuh Anda.

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.
    Stroke
Artikel Selanjutnya
Awas, Terus Mendengkur Bisa Sebabkan Stroke
Artikel Selanjutnya
Gejala dan Penyebab Kanker Kulit yang Merenggut Nyawa Adara Taista