Sukses

Anak Hanya Mau Bubur atau Makanan Berkuah, Kenapa Ya?

Liputan6.com, Jakarta Usia anak sudah dua atau tiga tahun, tapi cuma mau makan bubur atau yang lembek-lembek atau berkuah? Jika iya, dokter spesialis anak Meta Hanindita menyarankan orangtua agar tidak memarahi anak, melainkan mencari tahu penyebabnya.

"Cari tahu kenapa yang anak suka hanya makanan yang kuah-kuah atau bubur. Jangan-jangan ada gangguan di giginya, yang membuat dia pilih makanan berkuah," kata dokter Meta saat peluncuran bukunya 'Mommyclopedia' di Jakarta, ditulis Sabtu (10/2/2018).

Meta menceritakan salah satu pasiennya yang berusia dua tahun datang karena hanya mau makan bubur. Setelah diperiksa, bukan anak tersebut tidak mau. Namun dia tidak bisa mengunyah makanan kasar karena ada gangguan oral motor, yakni gangguan koordinasi gerakan mulut yang terkait mengunyah dan menelan.

Mencari tahu penyebab anak hanya mau mengonsumsi makanan berkuah atau bubur saja itu adalah tanggung jawab orangtua dan dokter yang memeriksa anak tersebut.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Usia anak bisa mengonsumsi makanan bertekstur kasar

Sesudah bayi ulang tahun pertama, dia sudah bisa mengonsumsi makanan bertekstur kasar seperti yang dikonsumsi anggota keluarga lain.  Orangtua mulai waspada ketika setelah lebih dari setahun, anak masih tetap saja suka makanan lembek. 

"Jika sampai usia 14-16 bulan batita masih belum dapat mengonsumsi makanan kasar, segera konsultasikan ke dokter," pesan Meta.

Artikel Selanjutnya
Ariel Tatum Tidak Suka Menu Buka Puasa yang Manis
Artikel Selanjutnya
Ariel Tatum Tidak Suka Menu Berbuka Puasa Yang Manis