Sukses

Kebugaran Bisa Diraih Tanpa Harus Nge-Gym, Sontek 8 Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara mudah untuk meningkatkan kebugaran Anda adalah bergabung sebagai anggota gym. Namun, ada beberapa orang yang tidak bisa untuk bergabung dengan gym karena beberapa faktor.

"Banyak orang tidak mampu membayar keanggotaan gym. Beberapa orang tua yang tinggal di rumah tidak bisa meninggalkan rumah tanpa perawatan anak dan yang lainnya merasa terintimidasi oleh lingkungan olah raga yang menggunakan mesin dan didominasi pria," ujar Amanda Dale, seorang personal trainer sekaligus ahli gizi.

Seperti dilansir dari Huffington Post pada Jumat (2/2/2018), personal trainer dan pemilik Burn Boor Camp di Ashburn, Virginia, Lindsey Treadway, menambahkan, perjalanan yang sulit dan jadwal padat menghalangi orang untuk bergabung jadi anggota gym.

Meski begitu, Anda tak perlu ke gym untuk memberikan kebugaran pada tubuh. Tips ini akan bantu Anda tetap sehat tanpa harus nge-gym.

1. Buat rencana

Tentukan latihan yang menarik minat Anda. Rutinitas angkat beban, jogging, atau sebuah olah raga permainan. Menurut Dale, apabila Anda telah menemukannya, pertimbangkan di mana dan kapan Anda bisa melakukannya, lalu sumber daya apa saja yang tersedia.

Memberikan detail akan membantu mengatur hidup Anda dengan lebih baik. Anda bisa mengatur ruang tamu Anda untuk ruang berjongkok atau memberikan rencana cadangan apabila cuaca buruk menghalangi berolahraga di luar rumah, tambah Dale.

2. Jadwalkan latihan

Latihan rutin dan konsisten adalah kunci untuk melihat hasilnya. Treadway menekankan, latihan Anda harus penitng dan wajib seperti menyikat gigi atau bekerja tepat waktu

"Tambahkan latihan Anda ke kalender dan bayangkan apa yang Anda ingin capai," tambah Treadway.

3. Maksimalkan latihan di Rumah.

Jika Anda baru di latihan untuk kekuatan, Dale merekomendasikan untuk olahraga berat badan di rumah.

"Anda dapat menyempurnakan squats, lunges, push-up, planks, dan sit-up tanpa peralatan dan hanya dengan beberapa video di situs berbagi video," katanya.

Agar tetap bervariasi dan menarik, cobalah untuk mulai menggunakan beberapa perlatan dasar seperti resistance band, bangku datar, atau tikar latihan anti slip, lompat tali, atau sepasang dumbel (sejenis barbel).

 

Saksikan juga video menarik berikut :

1 dari 4 halaman

Berlatih di luar ruangan

4. Ganti cara perjalanan

Mengubah perjalanan bisa bisa memberik dampak besar pada kesehatan Anda. Menurut Treadway, jika ada waktu lebih, cobalah bersepda ke kantor beberapa hari dalam seminggu, atau berjalan 20 menit ke pemberhentian transportasi umum yang berbeda-beda.

Selain itu, manfaatkan hal-hal kecil seperti berjalan selama dbekerja atau parkir agak jauh dari kantor. Tips favorit Treadway adalah dengan menggunakan tangga, bukan lift. Menurutnya, ini tidak hanya membakar kalori, namun juga menguatkan tulang dan membentuk otot.

5. Manfaatkan latihan di luar ruangan

Dengan berlatih di luar ruangan, ada kemungkinan Anda akan mendapatkan keringat. Anda bisa berlari ke jalur-jalur pepohonan, berjalan melewati lingkungan sekitar, bermain voli pantai, atau melakukan yoga di taman dan bermain bersama tim olahraga.

Menurut Treadway, Anda tidak memerlukan mesin untuk membantu Anda lebih bugar.

2 dari 4 halaman

Kelas olah raga dan gizi

6. Bergabung dengan kelas olah raga

Dengan tidak mendaftar di gym, bukan berarti anda tidak boleh bergabung dengan sebuah kelas olahraga. Anda dapat bergabung dengan kelas rutin maupun sesekali. Dale menambahkan, adanya kelompok memotivasi anda dan membuat anda lebih bertanggung jawab serta mengurangi stres dalam mengatur jadwal latihan sendiri.

7. Jangan abaikan gizi

Olah raga teratur sekeras apapun, menurut Treadway dan Dale, tidak akan berguna apabila anda mengabaikan pentingnya nutrisi untuk melengkapi latihan Anda.

Cobalah untuk mengurangi makanan bergula, berlemak dan olahan yang Anda bisa, dan prioritaskan protein, biji-bijian, dan sayuran serta buah dengan porsi seimbang.

Jika Anda merasa terbebani, Dale merekomendasikan konsultasi ahli gizi untuk membantu Anda untuk diet dan membuat rencana untuk makanan sehat.

3 dari 4 halaman

Evaluasi teratur

8. Evaluasi ulang latihan rutin dan teratur.

Jika tidak ada kemajuan, Anda mungkin harus merubah semuanya. Menurut Dale, ada empat komponen dari sebuah rencana olah raga yang baik: frekuensi, durasi, intensitas dan jenis.

"Fokus untuk mengubah satu hal menjadi lebih baik bulan ini, berolahraga lebih banyak hari dalam seminggu, olah raga untuk jangka waktu yang lebih lama, berolah raga dengan intensitas lebih tinggi atau menambahkan bobot atau mencoba jenis latihan baru setiap minggu dalam satu bulan," Dale menyarankan.

Artikel Selanjutnya
Lebih Mutakhir, Gym Ini Tawarkan Sesi Olahraga Telanjang
Artikel Selanjutnya
Kiat Bentuk Tubuh Kencang Berisi ala Agnez Mo