Sukses

10 Fakta Menarik Terkait Suhu Tubuh Anda

Liputan6.com, Jakarta Anak usia 6 bulan sampai 5 tahun mungkin bisa mengalami kejang akibat demam dengan suhu tubuh tinggi. Perhatian medis diperlukan untuk menurunkan suhu dan mengobati gejalanya.

Sebagaimana penyakit yang menyebabkan suhu tubuh tinggi, suhu Anda berubah seiring bertambahnya usia, saat Anda merokok, dan bahkan saat Anda berbohong.

Berikut 10 fakta unik tentang suhu tubuh, dikutip dari laman Everyday Health, Selasa (16/01/2018).

1. Merokok Menyebabkan Suhu Tubuh Tinggi

Suhu tubuh Anda naik saat Anda merokok. Alasannya, suhu di ujung rokok adalah 95°C, atau 203°F. Saat menghirup asap panas, ini meningkatkan suhu paru-paru Anda. Bila paru-paru Anda panas, mereka tidak dapat melakukan salah satu tanggung jawab mereka, yaitu untuk mendinginkan atau menghilangkan panas dari tubuh Anda.

Akibatnya, hal itu menyebabkan suhu tubuh tinggi. Saat Anda berhenti merokok, suhu tubuh Anda kembali normal dalam waktu sekitar 20 menit kemudian.

2. Mengatakan Kebohongan dan Hidung Anda Terasa Panas

Mungkin tidak menyebabkan hidung Anda tumbuh, tapi kebohongan akan memanaskannya. Terlepas dari perbedaan cerita boneka kayu yang ingin menjadi anak laki-laki sejati, periset Spanyol di Universitas Granada masih menjuluki temuan mereka "efek Pinokio."

Dengan menggunakan thermal imaging, mereka dapat menunjukkan bahwa kegelisahan yang ditimbulkan oleh kebohongan menyebabkan hidung dan area di sekitar mata menjadi hangat.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

1 dari 3 halaman

3. Jantung Dingin Demi Lindungi Otak

Dokter di Johns Hopkins Bayview Medical Center di Baltimore mengembangkan sebuah teknik yang dengan sengaja menyebabkan suhu tubuh rendah untuk mencegah efek pelepasan jangka panjang.

Dikenal sebagai hipotermia terapeutik, pengobatan telah terbukti mencegah cedera lebih lanjut, terutama di otak, bila dilakukan dalam waktu empat jam setelah serangan jantung.

4. Dapatkah Cayenne Bikin Suhu Tubuh Tinggi?

Cabai merah mungkin tidak hanya menambahkan beberapa bumbu untuk makanan Anda, tapi juga bisa menyebabkan suhu tubuh tinggi sebagai bagian dari proses pencernaan. Periset di Universitas Purdue menyuruh pelaku diet menambahkan sekitar setengah sendok teh cabe rawit merah ke asupan makanan sehari-hari mereka sebagai bagian dari penelitian untuk mengetahui apakah itu membantu penurunan berat badan.

Mereka juga mencatat bahwa paprika merah membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pengeluaran kalori, dan saat Anda membakar lebih banyak kalori, Anda mendapatkan suhu tubuh yang tinggi untuk sementara. Semua efek ini lebih besar pada orang yang tidak secara teratur menaburkan bumbu pedas.

5. Jaga Suhu Tubuh Anda, Dapatkan Tidur Lebih Baik

Suhu tubuh Anda dapat memengaruhi seberapa baik Anda tidur. Para ilmuwan di Netherlands Institute for Neuroscience di Amsterdam menemukan bahwa orang tidur lebih nyenyak saat kulit mereka sedikit didinginkan. Para peneliti memasang peserta studi dengan setelan jas khusus yang menurunkan suhu kulit mereka kurang dari 1°C (1,8°F).

Meski jas tersebut tidak mempengaruhi suhu tubuh rata-rata, para peserta tidak bangun sesering di malam hari dan mendapatkan tidur nyenyak. Pendinginan suhu permukaan kulit membuat perbedaan terbesar di antara peserta yang lebih tua yang mengeluhkan insomnia.

6. Semakin Tua Terasa Lebih Dingin

Jika Anda selalu kedinginan, bahkan selama hari-hari musim panas, itu bisa jadi karena usiamu. Studi menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia, suhu tubuh rata-rata menurun sedikit.

Periset di Turki mengukur suhu tubuh 133 penduduk panti jompo dan menemukan bahwa suhu tubuh di bawah rata-rata berusia 65 sampai 74 tahun. Lebih rendah lagi pada usia 75 sampai 84, dan terendah di antara yang berusia lebih dari 85 tahun. Beberapa di antaranya memiliki suhu tubuh rendah, suhu 93,5°F dalam keadaan normal.

Hal ini penting untuk diketahui, karena sebenarnya manula bisa demam pada suhu yang lebih rendah daripada orang dewasa muda.

 

2 dari 3 halaman

7. Suhu tubuh dapat membantu tentukan waktu kematian

Ini bukan hanya sekedar pertunjukkan. Ketika seseorang meninggal, tubuh mereka mulai mendingin pada tingkat yang ditetapkan: sekitar 1,5°F per jam.

Jika petugas pemeriksa mayat almarhum dalam waktu 24 jam, dan mayatnya belum berada di ruangan yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin, suhu tubuh yang rendah dapat digunakan untuk memperkirakan secara tepat waktu kematian.

Temuan ini dikaitkan dengan John Davy, seorang dokter Inggris dan ahli kimia amatir. Pada tahun 1839, dia melaporkan percobaan menggunakan termometer merkuri untuk mengukur suhu tubuh tentara yang tewas untuk menentukan kapan mereka meninggal.

8. Topi itu mungkin tidak membantu Anda menahan panas tubuh

Pernahkah ibumu menyuruhmu memakai topi saat di luar dingin karena panas tubuh hilang dari kepalamu? Ternyata, nasehatnya mungkin tidak terlalu tepat, menurut sebuah laporan yang diterbitkan di jurnal medis BMJ. Bila Anda kehilangan panas tubuh dan suhu rendah, penurunan ini terjadi dari semua bagian tubuh Anda pada tingkat yang sama.

Berapa banyak suhu tubuh yang hilang dari kepala Anda tergantung pada sejumlah faktor, termasuk seberapa tebal rambut Anda dan berapa banyak energi yang Anda keluarkan dalam kedinginan. Tapi karena kepala anak lebih besar sebanding dengan permukaan tubuh anak-anak, anak-anak bisa mendapatkan suhu tubuh rendah lewat kepala lebih cepat daripada orang dewasa.

9. Pria dan Wanita Berbeda Suhu Tubuh

Saat Anda terkena flu, tubuh Anda mulai membentuk panas. Ia ingin melindungi organ vital Anda, seperti jantung, paru-paru, dan otak Anda, sehingga lebih banyak darah mengalir ke area ini dan kurang ke tangan dan kaki Anda.

Pengaruh ini terjadi pada wanita jauh lebih cepat, yang berarti tangan dan kaki wanita akan menjadi lebih dingin dari pada pria. Wanita akan merasakan efeknya saat suhu di bawah 70°F. Bagi pria, kedinginan tidak akan terasa sampai suhu turun di bawah 67 atau 68°F.

10. Demam Bisa Menjadi Teman Anda

Anda mengalami demam saat suhu minimal 1°F di atas suhu tubuh normal Anda, menurut American Academy of Family Physicians. Kebanyakan orang resah karena demam, tapi sebenarnya bisa sangat membantu. Reaksi sistem kekebalan tubuh Anda, demam menunjukkan bahwa Anda melawan infeksi, dan ini dapat membantu tubuh Anda kembali normal.

Dalam kebanyakan kasus, semakin tinggi suhu tubuh Anda, semakin keras tubuh Anda bekerja untuk melawan infeksi.

Jika demam Anda tidak mereda dalam beberapa hari atau jika Anda memiliki suhu tubuh yang tinggi secara tidak normal - pada anak-anak berusia di atas 6 bulan, sekitar 103°F - segera hubungi dokter.